Close

Menuju Padangpariaman Berjaya, Wujudkan Bebas Pasung

Kepala Dinas Kesehatan Padangpariaman Aspinuddin menyatakan dalam upaya peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan peningkatan capaian program kesehatan jiwa

PDG.PARIAMAN, METRO–Kepala Dinas Kesehatan Padangpariaman Aspinuddin menyatakan da­lam upaya peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan pe­ning­katan capaian program kesehatan jiwa, se­karang dinasnya laksanakan pertemuan dengan tema  penggunaan aplikasi simkeswa dan deteksi dini penatalaksanaan gangguan jiwa

Kegiatan yang dilaksanakan Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) pada Seksi P2P Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa (TM dan Keswa) ini diikuti oleh 50 peserta yaing terdiri dari 25 Dokter dan 25 Penanggung Jawab Program Jiwa di Puskesmas se-Kabupaten Padangpariaman.

Kepala Dinas Kesehatan H Aspinuddin meminta semua peserta agar bersungguh-sungguh me­ngi­kuti pertemuan dengan memokuskan perhatian dan konsentrasi agar da­pat merumuskan komitmen atau rekomendasi.

Sebelumnya, Kepala Bidang P2P dr Efriyeni MKes melaporkan, kegiatan ini bertujuan untuk pe­ningkatan capaian program, terutama indikator standar pelayanan minimal (SPM) puskesmas, agar mampu menjadi ujung tom­bak pelayanan kesehatan khususnya program ke­sehatan jiwa. Selain itu,  pe­nge­lola program keswa di pus­kesmas dapat menggu­nakan aplikasi SIM­KES­WA.

“Dengan demikian a­kan terwujud upaya menuju bebas pasung Kabupa­ten Padangpariaman dan terciptanya inovasi untuk posyandu keswa di wilayah kerja puskesmas masing-masing,” ujarnya.

Pertemuan kegiatan ini menghadirkan narasumber dr Rozi Yuliandi SpKJ  (Psikiater / Kepala Instalasi Rawat Jalan RSJ . HB Saanin Padang) dengan materi Deteksi Dini dan Penatalaksanaan Gangguan Jiwa serta Ns Silvi Jeni Media Putri SKep.(Pengelola Program SPM, Keswa Dinas Kesehatan Provinsi Suma­tera Barat) dengan materi Penggunaan Aplikasi SIM­KESWA dan Tata Cara Pem­bentukan Posyandu Keswa.(efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top