Menu

Menteri KP Inginkan Sumbar, Kembangkan Kampung Perikanan Skala Besar

  Dibaca : 235 kali
Menteri KP Inginkan Sumbar, Kembangkan Kampung Perikanan Skala Besar
SAMBUT KEDATANGAN MENTERI— Menteri Kementerian Kelautan dan Perikanan (KP) Sakti Wahyu Trenggono disambut Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, Danlantamal II Padang Laksamana Pertama TNI Hargianto, Bupati Padangpariaman Suhatri Bur dan Kepala DKP Sumbar Yosmeri saat tiba di BIM, Rabu (2/6).

PDG.PARIAMAN, METRO–Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Sakti Wah­yu Trenggono tiba di Ban­dara Internasional Minang­kabau (BIM) dengan meng­gunakan pesawat khusus, Rabu (2/6). Rencananya Menteri KKP Trenggono melakukan kunjungan ker­ja di Sumatera Barat se­lama tiga hari hingga 4 Juni 2021.

Kedatangan Trenggono disambut langsung oleh Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi An­sharullah, Danlantamal II Padang Laksamana Per­tama TNI Hargianto, Bupati Padangpariaman Suhatri Bur dan Kepala Dinas Ke­lautan dan Perikanan (DKP) Sumbar Yosmeri.

Mahyeldi menyam­pai­kan, menurut agenda hari ini dari Menteri KP ren­cananya mengunjungi Pe­la­buhan Perikanan Samu­dera (PPS) Bungus meng­gunakan dan dilanjutkan peninjauan Politeknik KP Pariaman.

Hari kedua Menteri KP juga akan meninjau lokasi usaha pembenihan gurami (Raja Palace Suliki), udang galah dan ikan hias lokal sekaligus penyerahan ban­­tuan permodalan dari LPU­MKP. Selesai itu Men­teri KP langsung menin­jauan Ke­ramba Jaring A­pung (KJA) di Danau Manin­jau.

Hari ketiga, Menteri KP akan meninjau SiPujuk/Budidaya Patin di Lubuk Minturun dan peninjauan budidaya kerapu di Pantai Carocok Kabupaten Pesisir Selatan. “Kita berharap kehadiran Menteri KP da­pat melahirkan komitmen dan kiat-kiat yang nyata dan kuat sehubungan de­ngan kemaritiman, agar dapat mengelola laut dan dan perikanan di Sumbar maksimal untuk mencapai kesejahteraan masyara­kat,” harap Mahyeldi.

Provinsi Sumbar me­miliki potensi sektor ke­lautan dan perikanan dan peran yang sangat stra­tegis. Karena dapat me­ningkatkan kemajuan dan kesejahteraan wilayah dan masyarakatnya, agar me­ngimbangi dengan ne­ga­ra-negara tetangga, khu­susnya Singapura dan Ma­la­ysia.”Mudah mudahan ini menjadi peluang bagi masyarakat Sumbar,” ujar­nya.

Bersama Menteri KP juga hadir Anggota Komisi IV DPR RI, Hermanto, Anggota DPD RI, Emma Yohana serta jajaran Ditjen Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Menteri KP RI Sakti Wahyu Trenggono me­nga­takan, kehadirannya di Sumbar ingin melihat lang­sung  kondisi sesung­guh­nya tentang potensi pe­rikanan di daerah ini. Me­nurutnya, kunjungan ini penting sebagai dasar me­nentukan langkah dan program yang tepat bagi Sum­bar ke depan.

“Bagus sekali di Sum­bar sudah ada perusahaan ikan tuna, tapi skalanya saya lihat masih kecil. In­dustri ini yang akan kita dorong. Dari sisi nelayan, bagaimana alat tangkap­nya bisa ditingkatkan. Se­hingga pada akhirnya nilai tukarnya jadi lebih baik dan kesejahteraannya mening­kat,” kata Trenggono.

Trenggono yang per­nah menjabat Wakil Men­teri Pertahanan RI ini me­nam­bahkan, semua rang­kaian kunjungan kerja KKP adalah dalam rangka me­wujudkan tiga program besar KKP sampai tahun 2024.

Di antara program ter­sebut adalah pengem­ba­ngan dan peningkatan budi­daya yang orientasi ek­spor. Menurut Trenggono, salah satu potensi budi­daya yang bagus di Sum­bar adalah potensi kerapu dan ini yang harus dikem­bangkan.

Program lainnya ada­lah budidaya dengan ke­arifal lokal. Yakni, dengan menciptakan atau me­ngem­bangkan kampung-kampung perikanan de­ngan skala besar. Misal kampung nila atau gurami. Kedua jenis ikan ini, juga berpotensi di Sumbar.

“Makanya saya harus lihat langsung kondisi sebe­narnya. Yang paling pen­ting, harus dilihat apakah masyarakat yang kita ban­tu itu memang punya passion di usaha perikanan atau tidak. Jadi harus tepat sasaran. Potensi lain di Sumbar ini membuat su­b­situsi pakan. Ini potensi industri juga. Apalagi orang Sumbar yang lulusan perikanan hebat-hebat itu banyak,” tuturnya. (fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional