Close

Menteri KLH RI Berikan Penghargaan pada Bupati Tanah Datar

PENGHARGAAN—Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI (LHKRI) Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M. Sc memberikan penghargaan kepada Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, penyerahan itu dilakukan secara virtual.

TANAHDATAR, METRO–Menteri Lingkungan Hi­dup dan Kehutanan RI (LHKRI) Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M. Sc memberikan penghargaan  kepada Bupati Tanah Datar  Eka Putra, SE yaitu Apresiasi Pem­bina ProKlim pada Fes­tival Program Kampung Iklim (ProKlim) 2021, penyerahan itu dilakukan secara virtual langsung dari Gedung Manggala Wanabakti, Ja­karta, Selasa (19/10).

Tidak hanya itu, Kabupaten Tanah Datar juga menerima dua penghargaan lainnya yakni Trophy ProKlim Utama bagi Kelompok Wanita Tani (KWT) Mentari Jorong Bodi Nagari Situmbuk, Kecamatan Salimpaung dan Sertifikat Pro­Klim Utama bagi KWT V3 Tani Jorong Andaleh, Nagari Andaleh Baruh Bukik, Kecamatan Sungayang.

Menteri LHK RI Siti Nur­baya Bakar menyampaikan, pelaksanaan program kampung iklim merupakan langkah strategis untuk membangun kolaborasi berbagai pihak dalam upaya pengendalian perubahan iklim dengan basis masyarakat yang dilaksanakan pada berbagai lokasi.

“Program kampung ik­lim (ProKlim) tersebut me­rupakan contoh nyata a­dap­tasi dan mitigasi perubahan iklim yang terus dapat memberi manfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta pengurangan resiko bencana iklim,” ujar Siti Nurbaya Bakar.

Ia juga menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada masyarakat yang telah melakukan aksi nyata dilokasi-lokasi Pro­Klim dan juga kepada pemerintah daerah yang telah melakukan pembinaan dan pendampingan masyarakat dan juga pihak-pihak yang telah mendukung.

Dikesempatan yang sa­ma,  Kepala Dinas (Kadis) Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Ling­kungan Hidup (Perkim LH) Tanah Datar Ir. Dessy Trikorina selepas acara penyerahan penghargaan itu, mengatakan penghargaan  skala nasional yang diterima Bupati sudah keempat kalinya sebagai Pem­bina ProKlim.

“Penghargaan yang ki­ta dapatkan hari ini berkat, adanya kebijakan-kebijakan yang diambil pemerintah daerah dalam melakukan upaya adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim dan penurunan  emisi gas rumah kaca serta kerja sama semua pihak, dan alhamdulillah dua K­WT juga menerima penghargaan di ajang ini, sa­ngat luar biasa,” ujar Dessy Trikorina. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top