Menu

Menteri Agama Minta Masyarakat Jangan Tolak Jenazah Pasien Corona

  Dibaca : 254 kali
Menteri Agama Minta Masyarakat Jangan Tolak Jenazah Pasien Corona
Menteri Agama Fachrul Razi

JAKARTA, METRO–Menteri Agama (Menag) Fahcrul Razi mengimbau kepada masyarakat jangan melakukan penolakan terhadap jenazah yang meninggal akibat virus Korona ini. “Kami mengimbau jangan pernah menolak jenazah covid-19 ini‎,” ujar Fachrul dalam rapat dengan Komisi VIII DPR, Jakarta, Rabu (8/4).

Menurut Fachrul, jenazah yang meninggal akibat corona sudah ditangani sesuai dengan protokol kesehatan. Sehingga tidak ada alasan bagi masyarakat melakukan penolakan jenazah tersebut. “Karena selama pemakaman ini jenazahnya dilakukan sesuai ketentuan protokol kesehatan,” katanya.

Diketahui, Kementerian Agama juga telah dengan menggandeng Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan yang lainnya juga mengeluarkan protokol tentang pengurusan jenazah tersebut. Sehingga yang dilakukan petugas sejalan dengan protokol yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama.

“Kementerian Agama telah mengeluarkan kebijakan dan imbauan untuk pengurusan jenazah secara Islam, Kristen, Katolik, Hindu, dan Buddha, termasuk penguburannya,” ungkapnya.

‎Diketahui, ‎Direktur Utama Rumah Sakit Islam (RSI) Sukapura Jakarta, dr. Umi Sjarqiah mengatakan, jenazah yang sudah sudah dikubur tidak akan menular ke masyarakat. Pasalnya virus corona akan mati dengan sendirinya. Hal itu karena Korona bisa bertahan pada sel yang masih hidup.

“Virus hanya hidup di sel hidup dan jenazah yang telah dikubur tidak menularkan virus. Sekali lagi, jenazah yang sudah dikubur tidak menularkan virus,” ujar Sjarqiah.

Oleh sebab itu dia meminta kepada masyarakat jangan melakukan penolakan terhadap jenazah yang meninggal dunia karena corona. Sehingga jenazah bisa dimakamkan sebagaimana mestinya.

Sjarqiah mengatakan bagaimapaun jenazah yang meninggal dunia akibat Korona adalah saudara sendiri. Sehingga saat ini memang harus diubah cara pandang masyarakat. Bahwa jenazah yang sudah dikubur tidak bisa menularkan Korona. (jpc)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional