Close

Menpora Sebut PSSI Segera Umumkan Nasib Liga 1

SURAT IZIN POLRI— Menpora RI Zainudin Amali bersama Ketua PSSI Mochamad Iriawan memegang izin dari Polri.

JAKARTA, METRO–Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zai­nudin Amali membantah pihaknya bakal mengu­mumkan nasib Liga 1 2021. Sebelumnya, beredar k­a­bar bahwa pria berusia 59 tahun itu yang akan men­jelaskan kepastian kom­petisi musim ini.

Amali juga mengisya­ratkan bahwa Liga 1 mu­sim ini dapat digelar di tengah pandemi COVID-19, na­mun perlu pe­nye­suaian waktu kick-off dan tuan rumah dalam format series. “Siapa yang bilang? Masih tetap PSSI kok yang mengumumkan. Mungkin harus disesuaikan tanggal mulai dan tempat pelaksa­naannya. Liga 1 tetap lan­jut,” kata Amali.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita mengungkapkan bahwa kejelasan Liga 1 akan ditentukan pada Se­lasa (3/8). “Insyaallah, sore ini ada pengumuman Liga 1. Saya baru berkoordinasi dengan Mabes Polri,” imbuh pria yang karib dipanggil Lulu tersebut.

Sekjen PSSI, Yunus Nu­si membenarkan terkait kabar kepastian Liga 1 pada hari ini. Namun, pria asal Gorontalo itu meng­klaim PT LIB yang bakal mengumumkan, bukan pi­hak­nya.”Untuk Liga 1, hari ini akan ada pengumuman dari PT LIB. Ditunggu saja update-nya untuk kom­petisi musim ini,” tutur Yunus Nusi.

PT LIB dan PSSI be­rencana untuk memutar Liga 1 musim ini pada 20 Agustus 2021. Hanya saja, ada kekhawatiran lantaran pemerintah baru mem­perpanjang Pem­berla­ku­kan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 hingga 9 Agustus 2021.

//Dorong PSSI Lobi BN­PB

Presiden Madura Uni­ted, Achsanul Qosasi men­dukung perjuangan PSSI untuk mendapatkan reko­mendasi demi memulai Liga 1 2021. Namun, jika pemerintah tidak me­ngi­zinkan, pria yang karib dipanggil AQ itu meminta kompetisi untuk diba­tal­kan.

PSSI masih terus me­ngejar lampu hijau dari Badan Nasional Penang­gulangan Bencana (BNPB) untuk menggelar Liga 1 pada akhir Agustus atau awal September 202.

BNPB tidak kunjung me­ngeluarkan rekomendasi kepada PSSI untuk me­mutar kompetisi karena pemerintah masih me­nerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Ma­­syarakat (PPKM) Level 4 pada 3 Juli-2 Agustus 2021.

Achsanul mendorong Ketua PSSI, Mochamad Iriawan untuk mendatangi BNPB dan menjelaskan bahwa Liga 1 punya pedo­man untuk menggulirkan kompetisi di tengah pan­demi COVID-19. Satu di antaranya adalah protokol kesehatan yang ketat dan pernah diterapkan di Piala Menpora 2021.

“Ayo PSSI. Izin ke­a­manan dari kepolisian su­dah di tangan. Saat ini, larangan datang dari BNPB. Kita harapkan Ketua PSSI dapat segera melakukan lobi ke BNPB dengan hadir langsung dan mem­pre­sentasikan tentang data empiris atas hasil sukses di Piala Menpora,” tulis Ach­sanul dalam akun In­sta­gramnya, @achsa­nul.qo­sasi. (*/boy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top