Menu

Menparekraf Siap Kemas KEK sebagai The Paradise of The Surf

  Dibaca : 84 kali
Menparekraf Siap Kemas KEK sebagai The Paradise of The Surf
RESMIKAN WISATA HALAL— Pemukulan gendang tambung dilakukan Sandiaga Uno, Wagub Audy Jonaldy, Anggota DPR RI Andre Rosiade dan Bupati Pessel saat meresmikan pencanangan Wisata Halal di Kabupaten Pessel, Jumat (23/4).

PESSEL, METRO
Diawali berpantun, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf ) Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno terkesima dengan keindahan wisata di Negeri Sejuta Pesona, Kabupaten Pesisir Selatan. Khususnya di Kawasan Ekonomi Kreatif (KEK) di Bukik Ameh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Pessel sebagai “The Paradise Of The Surf”.

Hal tersebut diungkapkan Sandiaga saat berkunjung ke kawasan obyek wisata Pantai carocok Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Jumat (23/4). Menparekraf dan jajaran yang datang bersama Wakil Gubernur Audy Joinaldy, Anggota DPR RI Andre Rosiade Sumbar disambut Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar, Ketua DPRD Pessel Ermizen, serta Forkopimda Pessel. Hadir juga tokoh masyarakat Pessel Nasrul Abit, pimpinan BUMD dan BUMN di Pessel. Dan Ketua TP. PKK Pessel Yunesti Rusma Yul Anwar.

Dalam ekspos dihadapan Menteri, dan Wagub Sumbar, Bupati Pessel Rusma Yul Anwar mengatakan, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan terus berupaya semaksimal mungkin untuk menjadikan pariwisata di Pessel sebagai potensi unggulan di Kabupaten Pessel. Seperti, Mandeh, KEK bukik ameh, Carocok Painan. Serta potensi wisata alam lainya, seperti Jembatan Akar, Air Terjun Bayang Sani dan Air Terjun Pelanggai Gadang.

Disampaikan Rusma Yul Anwar, campur tangan langsung Presiden Joko Widodo telah merubah akses sarana dan prasarana di kawasan Mandeh sekarang lebih muda ditempuh, dengan pembangunan jalan aspal hotmik di kawasan mandeh. Untuk mewujudkan Kawasan Ekonomi Kreatif ( KEK ) di Bukik Ameh Pemkab Pessel telah menyiapkan lahan seluas 420 hektar. Termasuk dokumen – dokumen, Master Plain dan Amdal.

“Namun hingga sampai saat ini calon penggusul masih menunggu. Dan Kita berharap campur tangan dari Pemerintah Pusat, khusnya Menparekraf,” kata Bupati Pessel itu.

Selain Mandeh, kawasan pantai carocok painan sebagai lokasi wisata keluarga kedepan kata Bupati terus ditingkatkan dengan berbagai ivend untuk mendatangkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Pessel. Apalagi, dikawasan pantai carocok painan berdiri peninggalan sejarah. Yaitu benteng portugis berada di pulau cingkuak. Juga rencana pengembangan pulau semangki amdal telah kita siapkan.

Namun untuk pengembangan tersebut, perlu dukungan serta canpur tangan dari pemerintah pusat. Ditengah keterbatasan anggaran di pemerintah daerah. Muda – mudahan kedatangan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno bisa menjadi solusi percepatan.

“ Pessel juga memiliki desa wisata, desa sungai nyalo, Lumpo, dan Sungai Pisang. Dengan, berbagai sektor UMKM, seperti Batik Lumpo dan Kuliner. Hal ini jika dikembangkan bisa membantu peningkatan ekonomi kreatif ( UMKM) ditengah pandemi covid -19,” harap Bupati Pessel.

Lebih jauh, Rusma Yul Anwar ingin menjadikan pariwisata pessel sebagai pariwisata halal. Agar, wisatawan berkunjung ke Pessel merasan nyaman dan tenang.

Sementara itu dalam kata sambutanya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi upaya pemerintah daerah Pesisir Selatan cukup komit dalam pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Pesisir Selatan.

“Kabupaten Pessel, “ The Paradise Of The Surf,” kata Menparekraf.

Kedepan, melalui Bidang Pengembangan Pariwisata Kemenparektif akan memutar otak untuk merakit dan mengemas 420 hektar di bukik ameh sebagai kawasan ekonomi kreatif ( KEK). Agar UMKM harus bangkit, ditengah pandemi Covid -19.

The Paradise Of The Surf kedepan akan kita terus dorong, agar ada limpahan untuk peningkatan ekonomi bagi UMKM di Kabupaten Pessel. Ivend – Ivend untuk menarik wisatawan akan digelar agar ekonomi masyarakat meningkat.

“Dan, tetap dalam aturan protokol kesehatan agar kita terhindar dari wabah covid -19,” pesan Sandi.

Pada kesempatan itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Menparekraf ) Republik Indonesia ( RI) Sandiaga Salahuddin Uno, Wagub Sumbar Audy Joinaldy, Anggota DPR RI Andre Rosiade dan rombongan melihat stand UMKM yang sengaja di tampilkan di lokasi acara di Masjid Terapung Samudera Ilahi Carocok Painan.

Dengan memukul gendang Tambung Sandiaga Uno, dan Wagub, dan Bupati Pessel meresmikan pencanangan Wisata Halal di Kabupaten Pessel. (rio)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional