Close

Meningkatkan Wawasan Masyarakat, Sekretariat dan Pokja III TP PKK  Tanah Datar Gelar Bimtek

BIMBINGAN TEKNIS— TP PKK Kabupaten Tanah Datar mengikuti Bimbingan Teknis untuk Sekretaris dan Pokja III

TANAHDATAR, METRO–Untuk memperkuat peran Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejah­teraan Keluarga (TP-PKK) sebagai mitra pemerintah yang menyentuh langsung ke lapisan masyarakat, TP-PKK Tanah Datar adakan Bimbingan Teknis (Bimtek) dibidang Kesekretariatan dan Pokja III, Kamis (09/12) di Aula Kantor TP-PKK dan Gazebo Komplek Gedung Indo Jolito Batusangkar.

Pada saat pembukaan Ketua TP-PKK Ny. Lise Eka Putra mengatakan TP-PKK sebagai organisasi yang terstruktur dari pusat hingga daerah punya tugas pokok yang jelas dan saling bersinergi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dari itu juga sangat diperlukan kerja keras, kekompakkan, pemahaman bersama dan saling bahu-membahu sehingga tujuan dari organisasi yang juga mitra pemerintah ini dapat dicapai dengan baik.

“Banyak capaian yang diraih dan prestasi dari kader-kader yang hebat mulai dari kabupaten, kecamatan, nagari hingga jorong, tentu ini semua tak luput dari upaya bersama saling bersinergi. Dan diharapkan dari bimtek ini akan dapat membantu program-program pemerintah yang dirasakan langsung ma­sya­rakat, tidak semata bi­dang sekretariat dan Pokja III yang saat ini bimtek, namun juga bagi Pokja I, II dan IV,” ujarnya.

Untuk tujuan bimtek disampaikannya untuk me­ningkatkan wawasan dan menyamakan pemahaman dan persepsi tentang gerakan PKK, mendapatkan informasi dan gambaran terkait langkah-langkah, kebijakan yang diambil tppkk dalam mendukung pro­gram pemerintah terutama di Tanah Datar, sebagai spirit dan motivasi kerja bagi kader disemua tingkatan.

Sebelumnya Wakil Ketua TP-PKK Tanah Datar Ny. Patty Richi Aprian menyampaikan jika bimtek ini diikuti hampir 100 orang kader yang terdiri dari ketua dan wakil ketua TP-PKK kabupaten, ketua bidang I sampai IV sekretaris I dan II, bendahara, wakil ben­dahara serta humas, seluruh unsur pokja III kabupaten, ketua, sekretaris dan bendahara TP-PKK kecamatan se-Tanah Datar, unsur pokja III TP-PKK kecamatan yaitu wakil ketua, ketua pokja III dan sekretaris pokja III kecamatan se-Tanah Datar.

“Untuk tema Bimtek Sekretariat dan Pokja III ini adalah sosialisasi administrasi PKK dan pokja III Akuhatinya PKK, yang diadakan di dua tempat yaitu Aula Kantor PKK untuk Sekretariat dan Gazebo Indo Jolito untuk pokja III,” ucapnya.

Sementara itu dari paparan pemateri Siti Zakiah Sekretaris TP-PKK Provinsi Sumatera Barat, disebutkan jika gerakan PKK bertujuan memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteran menuju keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berbudi luhur dan sehat sejahtera lahir dan batin.

Sementara tertib administrasi PKK dikatakannya pengelolaan administrasi yang baik dapat menjadi salah satu indikator keberhasilan pengelolaan sebuah lembaga termasuk TP-PKK, tertib administrasi dapat mempermudah pe­laksanaan, perenca­naan, evaluasi dan pelaporan kegiatan PKK disetiap jenjang, dan untuk menunjang administrasi PKK ini berpedoman pada hasil rakernas pkk ke IX tahun 2021. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top