Close

Menhub Minta Pemudik Memahami Segala Penanganan Arus Balik

Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan

JAKARTA, METRO–Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan, jalur alternatif dapat digunakan oleh para pemudik untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan pada arus balik, khususnya di Pekalongan, Jawa Tengah.

Menurutnya, para pemudik yang ingin kembali ke rumah dari kampung halaman dapat menggu­nakan jalur arteri di Pantura sebagai salah satu cara untuk menghindari kema­cetan lalu lintas.

Budi Karya menyebut, jika terjadi kepadatan di jalur tol pada saat arus balik, kendaraan dari jalan arteri tidak boleh masuk jalan tol atau kendaraan yang di jalur tol akan dikeluarkan ke jalan arteri. “Kita tidak berharap itu terjadi. Mudah-mudahan rekayasa one way berjalan baik dan tidak terjadi suatu kepadatan,” kata Budi Kar­ya, Jumat (6/5).

Budi mengungkapkan, langkah tersebut perlu disosialisasikan kepada pemerintah daerah di jalur-jalur arteri sepanjang Pantura seperti di Kerawang  Indramayu  Cirebon  Bre­bes  Tegal  Pekalongan  Batang, sampai Semarang. “Sosialisasi dilakukan agar ma­sya­ra­kat paham dan mengerti bahwa ada suatu cara bertindak seperti ini jika terjadi kondisi force majeur,” tuturnya.

Lebih lanjut Menhub berharap koordinasi antara Korlantas, Polda, dan Polres berjalan dengan baik, sehingga kebijakan-kebijakan terbaru dapat segera diketahui oleh petugas di masing-masing dae­rah. (jpg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top