Menu

Menggelinding dari Bukit Gates, Batu Besar Hantam L300

  Dibaca : 145 kali
Menggelinding dari Bukit Gates, Batu Besar Hantam L300
PINDAHKAN BATU— Petugas BPBD dibantu Polisi dan warga memindahkan dua batu besar yang jatuh dari atas bukit di jalan Padang- Painan, Gaung Kelurahan Gates Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung Nan XX.

PADANG, METRO
Setelah malam hari hujan deras mengguyur Kota Padang, Minggu (27/9) paginya, dua buah batu besar menggelinding dari atas bukit hingga mengenai mobil L-300 yang kebetulan melintas di jalan Padang- Painan, Gaung, Kelurahan Gates Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung Nan XX, Minggu (27/9).

Beruntung dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa. Kebetulan, saat itu kendaraan lagi sepi melintas di jalan raya. Sementara satu unit mobil yang dihantam batu besar tersebut hanya mengalami kerusakan pada body kendaraan.

Dua buah batu besar yang mengelinding dari atas bukit tersebut diperkirakan berukuran 1,5 meter jatuh. Besarnya baru yang tepat berada di badan jalan, sempat membuat kondisi arus lalulintas macet sepanjang 1 KM.

Menurut keterangan warga setempat, Desmawati (46), kejadian diketahui pada hari Minggu (27/9) sekitar pukul 04.00 WIB. Subuh itu, dari dalam rumahnya yang tidak jauh dari lokasi sempat mendengar suara seperti gemuru lalu disusul suara dentuman yang cukup keras.

“Kerasnya suara itu sempat membuat saya takut. Saya khawatir ada susulan batu yang jatuh dari atas bukit mengarah ke rumah-rumah warga. Tapi Alhamdulillah batu itu hanya jatuh ke jalan,” ungkapnya.

Usai mendengar sura keras tersebut, lanjutnya, karena penasaran dia mencoba keluar rumah untuk memastikannya. Ternyata 2 buah batu besar terlihat berada di badan jalan. “ Satu batu berada di tengah jalan dan satu kagi agak di pingir jalan,” terang Desmawati.

Disebutkannya, pas saat kejadian batu jatuh itu sempat mengenai kendaraan roda 4 jenis L-300 yang tengah melintas. Namun karena kerusakan tidak terlalu parah dan hanya mengenai bagi body samping belakang, mobil tersebut tetap melanjutkan perjalanannya.

“Korban jiwa tidak ada, karena pas kejadian memang kondisi jalan sedang dalam sepi,”jelasnya.

Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Kota Padang Sutan Hendra melaporkan, bahwa penyebab kejadian dikarenakan oleh pengikisan pada tanah penahan batu.

“Kita menerima laporan sekitar pukul 09.00 WIB pagi tadi. Terhadap laporan itu, kami langsung menuju lapangan untuk melakukan evaluasi,” ujarnya.

Ditambahkannya, kondisi batu saat kejadian tepat berada di tengah jalan, sehingga menimbulkan kemacetan sekitar 1 jam sebelum batu tersebut berhasil dievakuasi oleh tim.

“Kejadian itu sempat menimbulkan kemacetan jalur Padang-Painan. Kurang dari satu jam dilakukan evakuasi, Alhamdulillah jalur arus lalu lintas mulai kembali normal,” terangnya.

Dalam melakukan evakuasi terhadap batu, dilakukan dengan cara menggunakan sling mobil, dibantu tim relawan lain beserta masyarakat setempat yang berada disekitar lokasi.

“Atas kejadian ini, karena beberapa hari kedepan Kota Padang masih berpotensi hujan lebat, kami menghimbau kepada masyakarat yang menggunakan kendaraan untuk berhati-hati menempuh jalur Padang-Painan dan Padang-Solok, karena dikhawatirkan akan terjadi langsor dibeberapa titik,” tandasnya. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional