Menu

Mengganggu, Sampah Pantai Air Manis Dibersihkan

  Dibaca : 229 kali
Mengganggu, Sampah Pantai Air Manis Dibersihkan
BERSIHKAN SAMPAH— TNI, Polri, ormas, Karang Taruna dan lainnya, membersihkan sampah-sampah yang berserakan di sepanjang Pantai Air Manis, Minggu (16/8). Sehari sebelumnya, Sabtu (15/8), kondisi Pantai Air Manis dipenuhi sampah.

AIR MANIS, METRO
Pantai Air Manis merupakan salah satu objek wisata unggulan di Kota Padang. Namun keindahan objek wisata ini terganggu dengan banyaknya sampah yang berserakan di bibir pantai. Apalagi kawasan tersebut sudah dipercantik dengan adanya jalur pedestrian di sepanjang pantai.

Saat POSMETRO mengunjungi objek wisata ini pada Sabtu (15/8) sekitar pukul 11.00 WIB, terlihat banyak sampah yang didominasi plastik. Namun pada Minggu (16/8), jelang HUT ke-75 RI, sampah-sampah tersebut dibersihkan secara gotong royong oleh jajaran Korem 032/Wirabraja, Polda Sumbar, Kodim 0312 dan Pemko Padang.

Kurang lebih tiga jam TNI Polri serta elemen ormas Pemuda Pancasila, Pemuda Pancasila dan Karang Taruna, membersihkan sampah di sepanjang bibir Pantai Air Manis. Danrem 032 Wbr, Brigjen TNI Arief Gajah Mada yang didampingi Dandim 0132 Padang, Letkol Arh Nova Mahanes Yudha menjelaskan, kegiatan karya bakti ini berawal dari bersepeda dengan tujuan akhir di Pantai Air Manis Padang.

“Tujuan akhir saat kita bersepeda bersama Kapolda Sumbar yaitu Pantai Air Manis Padang. Di sini kami melihat sampah-sampah yang terbawa ombak pantai berserakan kian kemari.

Oleh karena itu bergandengan TNI dan Polri yang dibantu pramuka serta organisasi masyarakat, sepakat membuat kegiatan karya bakti dengan membersihkan sampah yang berada di sepanjang Pantai,” kata Dandrem 032 Wbr.

Danrem menambahkan, kegiatan karya bakti ini juga dilaksanakan TNI Polri di seluruh Indonesia. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakapolda Sumbar Brigjen Pol. Rudy Sumardiyanto. “Tidak hanya di Kota Padang, kegiatan karya bakti ini juga dilakukan di seluruh Indonesia,” imbuhnya.

Danrem berharap, masyarakat turut menjaga kebersihan pantai. Selain keindahan, dengan menjaga kebersihan pantai, secara tidak langsung turut menjaga ekosistem alam dari bahaya kerusakan yang lebih parah.

“Setelah melaksanakan kegiatan ini, kami berharap tidak ada lagi sampah yang berserakan di pantai. Masyarakat dan pengunjung harap menjaganya, dan membuang sampah pada tempatnya,” pungkasnya.

Viona (34), salah seorang pengunjung mengatakan, sangat senang melihat Pantai Air Manis yang sangat bersih. Ia mengapresiasi kegiatan TNI-Polri bergotong royong membersihkan sampah yang ada di pantai.

“Pantai Air Manis semakin manis dengan tidak ada sampah. Kami berharap kebersihan ini tetap terjaga dan terawat, agar memberikan kenyamanan bagi pengunjung,” katanya.

Mahasiswi Unand itu berharap, Pemko Padang memiliki traktor pembersih sampah untuk dioperasikan di kawasan Pantai Air Manis. “Saya juga pernah menikmati pagi di Pantai Ancol, Jakarta. Pengelola selalu membersihkan sampah dengan menggunakan traktor pembersih sampah. Saya harap Pemko Padang dapat menghadirkannya untuk meringankan kerja petugas kebersihan,” tukasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Padang Arfian mengatakan, terkait banyaknya sampah yang beserakan di Pantai Air Manis merupakan sampah bawaan yang dibawa oleh ombak. “Kemungkinan sampahnya berasal dari kapal yang bersandar di Pelabuhan Teluk Bayur. Ada kecurigaan kami ada kapal yang membuang sampah ke laut, nanti akan ditelusuri,” tukasnya, Senin (17/8).

Arfian menambahkan, untuk di Pantai Air Manis sendiri, pihaknya telah menyiapkan tong sampah, baik untuk pedagang maupun pengunjung. “Jadi kami telah menyediakan tong dan bak sampah dan nantinya diangkut dengan truk sampah. Kalau untuk pengunjung bisa dikatakan tidak ada yang membuang sampah sembarangan karena telah dilakukan imbauan baik pedagang maupun pengunjung,” ungkapnya.

Disisi lain, pihaknya mengapresiasi kegiatan bakti sosial yang telah dilakukan TNI, Polri serta ormas dalam aksi bersih Pantai Air Manis. “Ini menjadi cambuk untuk mewujudkan pantai yang bersih. Kita mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kegiatan itu. Kepada masyarakat kita imbau untuk menjaga kebersihan, dan jangan membuang sampah ke laut dan ke sungai, yang akibatnya akan buruk baik ekosistem dan pemandangan di kawasan wisata,” pungkasnya. (cr1)

Editor:
Tags
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional