Close

Mengenal Pakan Dalam Perkembangan Usaha Peternakan Sapi Pesisir

DALAM pengemba­ng­an produksi ternak rumi­nansia, ketersediaan pakan yang berkualitas me­ru­pa­kan faktor penentu keberhasilan dan kelangsungan usaha produksi. Da­lam  industri peternakan istilah pakan tidak a­sing lagi, apa­lagi oleh para peter­nak, baik peternak da­lam skala kecil maupun besar.

Yolani Utami SPt MSi.

 Salah satu sentra da­lam pengembangan ternak ruminansia, khusus­nya sapi, Pesisir Selatan adalah tempatnya. Bertempat di Nagari Ampang Pulai, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pes­sel,Tim Dosen Pengabdian yang diketuai oleh Dr. Ir. Tinda Afriyani, MS, beserta anggota Dr. Ir. Teguh Budi Prasetyo, Dra. Wahyuni Eloisa Marinda, Nelwitis SH, Adisti Rastosari, S.Pt., M.Sc dan Yolani Utami, S.Pt., M.Si, serta beberapa mahasiswa Fakultas Peternakan turun ke lokasi.

 Di sana, tim melakukan pengabdian kepada masyarakat Skim Program Kemitraan Masyarakat Mem­bantu Usaha Ber­kembang. Melakukan pe­ngabdian dengan membantu Mitra Kelompok Tani Ternak Batu kalang Indah untuk mengenal lebih da­lam lagi mengenai pakan ternak yang nantinya bisa membantu untuk mencapai pengembangan pro­duksi ternak sapi Pesisir dilihat dari segi nutrisinya.

 Ruminansia membutuhkan pakan hijauan walaupun terdapat pakan tambahan (konsentrat) yang berguna dalam memenuhi kebutuhan nutrisi. Hijauan yang banyak digunakan oleh peternak adalah rumput gajah (Pennisetum Purpureum). Kan­dungan nutrisi yang ada pada rumput ini adalah Bahan Kering yang rendah yaitu 12-18%, tetapi kandungan BK ini dengan cepat me­ning­kat seiring dengan me­ningkatnya umur tanaman.

 Kandungan serat ka­sar berkisar dari 26.0-40.5%, Beta-N sekitar 30.4-49.6% dengan kan­dungan lemak kasar 1.0-3.6%. Kandungan Phosphornya cukup tinggi yaitu 0.28-0.39% dan pada batang 0.38-0.52%. Sedangkan Ca masing-masing 0.43-048% dan 0.14-0.23% pada daun dan batang. Kandungan TDN ber­kisar dari 40-67% dengan kecernaan Bahan Kering sekitar 48-71%.

 Selain rumput gajah ada beberapa rumput lain yang bisa digunakan sebagai pakan ternak dian­taranya rumput raja yang kualitas hijauannya lebih tinggi dibandingkan rumput gajah terutama pada protein kasar yang mencapai 25% lebih tinggi, rumput BD, rumput setaria, ada juga jenis leguminosa berupa gamal, lamtoro, turi serta banyak lagi hijauan lainnya. Untuk kebutuhan selain hijauan bagi ternak sapi, dapat juga diberikan pakan berupa butir-butiran berupa jagung, dedak pa­di, bungkil kedelai, ampas tahu, dan sebagainya.

Dengan adanya Pengabdian ini diharapkan nan­tinya para peternak sapi pesisir ini lebih mengetahui pakan-pakan berkua­litas untuk pengembangan produksi sapi Pesisir dan peningkatan kesejahtera­an masyarakat sekitar khususnya. (Dosen Fakultas Peternakan Unand Kampus II Payakumbuh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top