Close

Mengelola Objek Wisata Butuh SDM Berkualitas di Agam 

SDM BERKUALITAS— Pemkab Agam terus berupaya meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam mengelola objek wisata di Luak Agam agar menjadi industri pariwisata.

AGAM, METRO–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam terus be­rupaya meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam me­ngelola objek wisata di Luak Agam. Pemkab Agam melalui Disparpora gelar pelatihan terhadap 40 pemandu wisata alam di Hotel Sultan Parik Putuih, Senin malam (20/6). “Kita mengharapkan setelah pe­la­tihan ini objek wisata di Agam, khususnya wisata alam berkembang dan terkelola dengan baik,” ucap Bupati Andri Warman saat buka pelatihan itu.

Menurutnya, Kabupaten Agam kaya SDA dibuktikan dengan geografisnya yaitu miliki pantai, danau, gunung, ngarai dan lainnya. “Dari kekayaan alam yang kita miliki, banyak potensi dapat dikelola jadi objek wisata. Tentu harus didukung dengan kualitas SDM yang handal,” ujar Andri.

Bahkan bupati yang akrab disapa AWR ini mengatakan, bahwa tahun 2023 jadi tahun wisata di Sumbar mengingat pandemi yang sudah semakin melandai. Dengan begitu, pe­ngembangan objek wisata bisa dilakukan agar ekono­mi masyarakat kem­bali menggeliat. “Semoga pandemi berakhir agar eko­nomi masyarakat kem­bali membaik dengan di­kem­bangkannya objek wi­sata,” kata AWR.

Dikatakan, memang tak bisa dipungkhiri dalam mengelola objek wisata di antaranya memerlukan konsep-konsep kepariwisataan yang lebih kreatif seperti digital tourism.

Sebab di tengah riuh sumringah pariwisata ter­sebut, ada elemen yang memegang peranan sangat penting untuk dapat menyiapkan dan mengelola industri kepariwisataan secara komprehensif, professional serta berkualitas tinggi. Yaitu elemen sumber daya manusia (SDM), yang menjadi salah satu point utama dalam mengembang­kan pariwisata.

“Benar sekali bahwa program kerja dan pengelolaan industri pariwisata sangat tergantung dengan kualitas SDM yang mengelola dan menjalankannya termasuk memimpin unit-unit usaha di industri wisata ini,” kata AWR.

Salah satu aspek yang memiliki peran penting dalam pengembangan sector pariwisata adalah SDM Pariwisata. Alasannya karena pariwisata adalah sesuatu hal yang tidak bisa digantikan dengan teknologi apapun karena di dalamnya butuh interaksi langsung dengan manusia (bersifat hospitaliti). SDM Pariwisata sendiri memiliki artian sebagai seluruh aspek manusia yang mendukung kegiatan wisata dengan tujuan memenuhi kebutuhan serta mewujudkan terciptanya kepuasan wisatawan.

Ditambahka AWR, sektor pariwisata merupakan sektor yang berfokus kepada jasa atau pelayanan. Oleh karena itu, aspek SDM menjadi kunci dari terciptanya kepuasan dan kesenangan untuk para pemakai jasa tersebut. Selain itu juga berdampak positif terhadap ekonomi, kesejahteraan, dan kelestarian lingkungan dan budaya di suatu kawasan wisata.

Keberhasilan pembangunan pariwisata memiliki ketergantungan terhadap ketersediaan dan kualitas SDM yang mendukung ke­giatan-kegiatannya. Aspek SDM sendiri menyangkut para stakeholder pariwisata. Seluruh stakeholder pariwisata mempunyai pe­ranan­nya tersendiri dalam membantu membangun aspek SDM yang baik sehingga dapat memberikan dampak lebih kepada negara. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top