Menu

Mengasuh Anak di Era Digital, Guru PAUD Dibekali Cara Mendidik

  Dibaca : 130 kali
Mengasuh Anak di Era Digital, Guru PAUD Dibekali Cara Mendidik
Ilustrasi

BUNDO KANDUANG, METRO – Sekitar 100 orang guru PAUD se-Kota Padang dibekali dengan ilmu cara mendidik anak di era digital dalam Sosialisasi Fungsi Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) bagi pengelola Paud di Axana Hotel Padang, Selasa (29/1). Hadir sebagi pemateri dalam kegiatan ini yaitu Harneli Mahyeldi.

Harneli mengatakan, membesarkan anak di zaman milenial butuh usaha ekstra dibanding puluhan tahun yang lalu. Perkembangan dunia digital tak hanya memberi kemudahan, malah kadang membuat gap antara orangtua dan anak. Tak jarang berakhir dengan anak yang membangkang pada orang tuanya.

Dengan kondisi itu sebut Harneli, sebelum orang tua memberi anak gadjet, terlebih dahulu yang harus dilakukan adalah mendiskusikan kebutuhan, tanggung jawab dan resikonya. Dalam hal ini para orang tua diharapkan mampu menjaga komunikasi yang baik dengan anak.

“Selain itu orang tua juga harus membekali anak dengan pengetahuan dan terus belajar tentang bagaimana dunia digital dan dampaknya bagi anak,” tukasnya.

Di sisi lain terang Harneli, orang tua juga harus sadar dampak dunia maya bagi anak. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan KB Kota Padang, Heriyanto Rustam mengatakan, keberadaan Puspaga Basamo yang ada di Jalan Cimandiri, Kelurahan Alai Parak Kopi adalah salah satu lembaga yang bisa dimanfaatkanoleh guru Paud yang menemukan adanya masalah pada anak didiknya.

Saat ini sebut Heriyanto, Puspaga dibekali dua orang psikolog yang nantinya akan melayani masyarakat atau kleuarga dalam hal konseling, konsultasi dan informasi.

“Kami berharap para guru Paud ini bisa memahami keberadaan Puspaga untuk mengatasi anak atau keluarga yang bermasalah. Karena punya psikolognya,” sebut Heriyanto. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional