Menu

Mendes PDTT Kunjungi Embung Destinasi Wisata Air di Ka­bupaten Padangpariaman

  Dibaca : 75 kali
Mendes PDTT Kunjungi Embung Destinasi Wisata Air di Ka­bupaten Padangpariaman
BERSAMA MENTERI—Menteri Desa PDTT A Halim Iskandar bersama Bupati Padangpariaman Suhatri Bur dan Gubernur Sumbar Mahyledi.

PDG.PARIAMAN, METRO–Menteri Desa PDTT  A Halim Iskandar bersama Bupati Padangpariaman Suhatri Bur kunjungi em­bung  destinasi wisata air dan sebagai spot peman­cingan  di Kecamatan Sin­tuk Toboh Gadang, Ka­bupaten Padangpariaman. Bupati Padangpariaman Suhatri Bur meminta ke­pada Mentri Desa dan PD­TT menambah pemba­ngu­nan embung ini. “Sehingga semakin menarik dikun­jungi wisatawan dan para mancing mania,” kata Bu­pati Padangpariaman Su­hatri Bur, kemarin.

Katanya, embung ini nantinya akan dijadikan destinasi wisata air dan sebagai spot pemancingan juga berguna untuk ke­majuan Kabupaten Pa­dang­pariaman ke depan. “Mari kita bersama sama mendukung pemba­ngunan ini,” ungkapnya.

Sebelumnya Jumat ke­ma­rin,  Bupati Padang­pariaman Suhatri Bur dan Wakil Bupati Padang­paria­man Rahmang menerima kunjungan kerja Menteri Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Dr. A. Halim Iskandar dalam rang­ka peninjauan progres pengerjaan Embung Ambio Tarantang Panjang pada  di Nagari Toboh Gadang Ti­mur.

Saat itu Suhatri Bur  mengucapkan terimakasih kepada Mendes PDTT atas kunjungannya dalam rang­ka memantau kesiapan proses pembangunan Em­bung Ambio Tarantang Panjang yang nantinya juga akan dijadikan seba­gai perairan untuk me­majukan perekonomian masyarakat. “Kami me­ngu­capkan terima kasih kepada gus menteri yang telah bersedia mengun­jungi daerah Padang­paria­man dimana dengan ada­nya pembangunan em­bung ini akan meng­hidupkan pe­rairan yang nantinya juga berfungsi untuk mengairi sawah masyarakat dima­na notabenenya masyarakat Padangpariaman bekerja sebagai petani, semoga dengan adanya embung ini dapat menggeliatkan pere­konomian masyarakat. Dan besar harapan kita, semoga lima embung yang direncanakan akan di­ba­ngun pada beberapa waktu lalu dapat terealisasikan,” ujarnya.

Senada dengan itu Gu­bernur Sumatera Barat, Mahyeldi mengucapkan terimakasih atas perhatian Mendes PDTT dimana ini nantinya akan mem­beri­kan hal positif kedepannya. “Padangpariaman salah satu lumbung beras di Sumatra Barat oleh ka­renaya agar produksi padi dan beras terus meningkat kuncinya harus ada  em­bung untuk pengairannya, sehingga masih dibutuh­kan tambahan embung yang lainnya. Kami juga tengah mendorong ranah dan rantau untuk me­nya­tu dalam membangun pe­re­kenomian ma­sya­rakat Su­matra Barat,” ungkapnya.

Kemudian Mendes PDTT  A. Halim Iskandar mengatakan keberadaan Kementerian Desa PDTT yakninya bertugas untuk pemulihan ekonomi na­sional level desa dimana kunci pemulihan harus di­gerakan di desa fokus pada desa wisata, Badan  Usaha Milik Nagari dalam upaya percepatan penurunan ke­miskinan di desa. “Pe­nu­runan kemiskinan ekstrem dimulai pada 7 provinsi 5 kabupaten 5 kecamatan dan desa termiskin se-Indonesia dan ditargetkan pada tahun 2024 kemis­kinan di Indonesia berada pada titik nol.

Konsep utama pe­mu­lihan ekonomi yakninya menggerakan ekonomi de­sa dengan prinsip penu­ruan kemiskinan pe­ngu­rangan pengeluaran. Oleh karenanya diperlukan pen­dirian BUMNAG dengan syarat  jangan sampai mengganggu usaha yang telah dijadikan mata pen­caharian masyarakat,” te­rangnya Mendes PDTT.

Sementara itu Roni Sa­putra Wali Nagari Toboh Gadang Timur menje­las­kan Embung Ambio Taran­tang Panjang memiliki se­jarah yang melewati 3 ko­rong yakninya Toboh Sa­wah Mansi, Toboh Tangah Padang, dan Toboh Baru Toboh Gadang dan sudah bebas lahan untuk pem­bangunan embung ini. “Em­bung ini nantinya akan dijadikan destinasi wisata air dan sebagai spot pe­man­cingan juga berguna untu peraiaran masyarakat yang nantinya juga meng­hidupkan perekonomian masyarakat. Dengan dana sebesar Rp500.000 tahap pengerjaan sudah men­capai 30 persen yang di­mulai dari hilir embung, dan direncanakan agar pembangunan ini tetap berlanjut sehingga em­bung ini dapat berman­faat,” tambahnya meng­akhiri.(efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional