Menu

Mencegah Banjir Berkepanjangan, Masterplan Drainase di Painan Perlu Disusun Matang

  Dibaca : 95 kali
Mencegah Banjir Berkepanjangan, Masterplan Drainase di Painan Perlu Disusun Matang
Kondisi jalan yang dipenuhi air di Kota painan pada pekan lalu.

PESSEL, METRO
Pusat ibu kota Pemerintahan, Painan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan setiap kali hujan turun berintensitas tinggi, saluran drainase yang ada tidak sanggup menahan debet air hujan. Akibatnya, luapan air sampai ke tengah jalan, bahkan hampir masuk ke rumah warga. Hal ini terjadi berkepanjangan setiap hujan mengguyur.

Kondisi ini diperparah dengan kurang efektifnya saluran – saluran drainase baik primer maupun sekunder yang ada di Kota Painan. Maka pemerintah daerah, melalui OPD terkait harus matang nantinya dalam menyusun master plan drainase air.

Berdasarkan pantuan di lapangan, setiap kali hujan lebat turun beberapa lokasi menjadi langganan genangan air hujan. Seperti di jalan Kamang, jalan Setia Budi, jalan Zaini Zein, jalan Rawang Painan dan ruas jalan Nasional Bundaran UHA Painan, Kecamatan IV Jurai. Serta beberapa wilayah lainya.

Plh. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Pessel Syahriwan ketika dikonfirmasi Selasa (16/3) mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan melalui Dinas PUPR saat ini sedang menyusun master plan drainase dan DED terlebih dahulu, setelah itu akan dilaksanakan pada tahun berikutnya.

“Untuk pembuatan Master plan Drainse di Kota Painan dianggarkan 500 juta. Tetapi Kita masih tunggu juga kejelasan dari recofusing anggaran,” ujar Syahriwan.

Untuk anggaran pemeliharaan dan perawatan drainase ada dikota Painan, pihaknya menggarkan anggaran Rp.150 juta rupiah, dan anggaran tersebut untuk menggaji petugas kebersihan sedimen, selama satu tahun.

Sedangkan untuk kondisi drainase ada di kota Painan masih lumayan. Nanti kalau sudah dibangun semua lahan kosong maka jadi tidak layak. Kata mantan Kepala Bidang Cipta Karya, kini ditunjuk Plh. Kadis PUPR Pessel.

“Kalau dibilang kota Painan itu banjir sih gak. Kalau genangan iya, karena satu jam saja air sudah hilang,” terang dirinya.

Sementara itu wawan warga Painan menuturkan, setiap kali hujan lebat turun ruas jalan ada didepan rumahnya selalu menjadi langganan genangan air hujan, akibat drainase pembuangan air kurang berjalan optimal. Hingga hampir masuk kedalam rumahnya.

Wawan berharap, saat hujan dinas terkait bisa turun langsung melihat kondisi drainase. Dan, bisa segera mencarikan solusi dari masalah tersebut. (rio)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional