Menu

Menara Agung Beberkan Tips Perawatan Kampas Rem

  Dibaca : 234 kali
Menara Agung Beberkan Tips Perawatan Kampas Rem
KAMPAS REM— Mekanik PT Menara Agung memperlihatkan kampas rem sepeda motor yang telah habis.

PADANG, METRO
Rem jadi komponen penting dari sepeda motor. Maka itu, kondisinya harus selalu diperhatikan, agar tetap berfungsi menghentikan laju kendaraan, sehingga kampas rem menjadi salah satu komponen yang perlu rutin diganti.

Untuk itu, PT Menara Agung sebagai main dealer sepeda motor Honda dan spare parts di Sumatera Barat akan memberikan beberapa info dan tips kepada pengendara sepeda motor bagaimana merawat kampas rem sepeda motor kesayangan.

Ferry Susilo, Part Manager PT Menara Agung menjelaskan, kampas rem terdiri dari atas dua jenis. Yaitu kampas rem tromol dan kampas rem cakram. Selama ini masih banyak para pengguna sepeda motor tidak mengetahui fungsi penting dari kampas rem.

“Kampas rem mempuyai fungsi untuk member-hentikan atau memperlambat motor. Kampas rem terbuat dari bahan bebas asbes. Nah agar kampas rem awet berikut tips perawatan kampas rem sepeda motor,” kata Ferry.

Dijelaskan Ferry, untuk langkah pertama yang harus dilakukan yaitu perhatikan apakah kampas rem sudah seharusnya diganti. Bagaimana mengetahui kampas rem sudah saatnya diganti? Perhatikan indikator untuk melihat apakah kampas rem sudah saatnya diganti, bisa juga dilakukan dengan melakukan tes pengereman berkendara, apakah ada bunyi berdecit pada saat pengereman.

“Dan saat menekan tuas rem atau menginjak pedal rem, terasa lebih dalam dari ukuran standarnya,” ujar Ferry.

Langkah selanjutnya terang Ferry, bersihkan secara rutin debu halus di rumah rem dengan menggunakan kuas. Setelah dibersihkan, jangan lupa check kondisi per dan tuas rem apakah masih bekerja secara maksimal. Hindari adanya minyak pelumas pada rumah rem (drum brake).

“Cara merawat rem yang terakhir, yakni menggunakan rem dengan semestinya. Saat berkendara usahakan jarak dengan kendaraan di depan tidak terlalu dekat, hal ini untuk menghindari penggunaan rem yang terlalu sering. Saat melakukan pengereman secara terus menerus maka akan mengakibatkan kampas rem mudah terbakar, sehingga mengurangi umur kampas atau cepat habis,” lanjut Ferry.

Untuk perawatan rem sebenarnya tidaklah sulit jika mematuhi tips dan panduan tersebut, serta menggunakan jasa rem dengan semestinya. “Agar lebih maksimalnya lakukanlah perawatan sepeda motor anda dengan memilih suku cadang asli dari Honda atau Honda Genuine Parts dan melakukan servis berkala di bengkel resmi sepeda motor Honda (AHASS),” tutup Ferry. (rgr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional