Close

Menanam bisa Menjaga Stabilitas Pangan

TANAM SERENTAK— Sekda Agam bersama Ketua PKK Sumbar dan Kabupaten Agam saat melakukan penanaman serentak. (peri/posmetro)

Menanam merupakan program yang terus digalakan Pemkab Agam. Dengan menanam ini akan melengkapi bahan pokok makanan, dengan menanam ekonomi bisa naik, dengan menanam bahan pangan akan terus terjaga.

Martias Wanto menjelaskan, banyak faktor yang diuntungkan untuk membudayakan menanam.

“Contohnya saja ketika kebutuhan bahan pangan tersebut kita miliki semuanya tentu kita tidak sudah untuk mendapatkan. Apalagi bahan pangan itu sangat melebihi dari yang kita butuhkan tentu akan menjadi sumber ekonomi yang menjanjikan untuk kelangsungan hidup keluarga kita nantinya,” ungkap Sekda Agam Martias Wanto, Selasa malam (7/5)

Dikatakan, Pemkab Agam pada tahun yang lalu sempat geger. Hal ini diakibatkan harga jengkol melambung tinggi. Padahal, memiliki lahan yang sangat produktif untuk pertanian jengkol dan hal tersebut sangat menganggu inflasi di Agam pada saat itu. Makanya untuk mengatisipasi hal tersebut Pemkab Agam melalui Program Bupati Gelora menanam ini terus diupayakan di 16 kecamatan yang ada di Agam.

Di samping itu ketika gelora menanam ini tentu bahan pangan di daerah bisa melimpah ruah. Bahkan Agam bisa menjadi pengekspor bahan pangan ke daerah lain. Hal ini lah yang upayakan secara terus menerus

Tidak itu saja ketika budaya menanam ini terus dilakukan tentu bahan pangan bagi kita di Agam tidak akan kurang sedikitpun. Bahkan, apabila ini terwujud tentu daerah lain akan mencontoh daerah ini bisa menerapkan budaya menanam sampai memberikan dampak yang positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat Agam.

Sekda menambahkan, makanya gelora menanam ini dalam lima tahu belakangan ini tidak henti-hentinya dilaksanakan,baik dalam berbagai acara,program Agam menyemai terus disampaikan Bupati Agam yakni “nan dilaman untuak dimakan ‘nan di parak baok kapakan”.

Hal ini sangat memberikan arti yang sangat bermakna demi kestabilan bahan pangan di Kabupaten Agam ini. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top