Menu

Menag Lantik Prof Martin Kustati, Rektor Perempuan Pertama Pimpin UIN IB Padang

  Dibaca : 149 kali
Menag Lantik Prof Martin Kustati, Rektor Perempuan Pertama Pimpin UIN IB Padang
Prof Dr Martin Kustati Rektor Universitas Islam Negeri (UIN)

PADANG, METRO–Menteri Agama (Me­nag) melantik Prof Dr Martin Kustati menjadi Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang periode 2021-2025 di Ja­karta, Rabu (28/7) pukul 10.00 WIB.

Martin menjadi rektor perempuan pertama da­lam sejarah UIN Imam Bon­jol Padang tersebut.

Ketua Senat UIN Imam Bonjol Padang, Asassri­warni mengatakan, pelanti­kan dilakukan di Jakarta dengan jumlah undangan yang sangat terbatas. Ala­san­nya karena Indonesia masih dalam kondisi Pem­berlakuan Pembatasan Ke­giatan Masyarakat (PPKM).

“Bu Rektor sudah dilan­tik tadi pagi oleh Pak Men­teri Agama, memang be­lum diumumkan karena tim masih di Jakarta, saya juga tidak ikut karena pem­batasan covid-19,” kata­nya, Rabu (28/7).

Ia menjelaskan, Martin terpilih  setelah melewati proses yang diseleng­gara­kan oleh panitia Pen­ja­ringan Bakal Calon Rektor UIN Imam Bon­jol Padang periode 2021-2025 sejak April. Se­banyak dua orang yang telah lulus seleksi adminis­trasi.

Saat proses pen­ja­ringan bakal calon rektor terang­nya, panitia mengu­mum­kan informasi pen­jaringan bakal calon secara terbuka melalui berbagai media dan pengiriman lang­sung ke beberapa per­gu­ruan tinggi. Hingga ba­tas akhir masa pendaf­taran, terdapat dua nama yang mendaftar sebagai bakal calon.

Dua nama dinyatakan lulus verifikasi oleh panitia dan ditetapkan melalui Keputusan Panitia Penja­ringan Bakal Calon Rektor yaitu Prof Dr Eka Putra Wirman, MA dan Prof Dr Martin Kustati, MPd. Ke­duanya meru­pa­kan guru besar UIN Imam Bonjol Padang.

“Jadi karena periode rektor sebelumnya habis, maka dilakukan seleksi dan hanya ada dua orang. Ke­mu­dian senat melakukan pertimbangan kualitatif dan setelah itu dikirim­kan­lah ke Kementerian Aga­ma di Jakarta,” katanya.

Ia mengungkapkan, bah­wa sampai di Jakarta, ada juga tim seleksi yang menilai kedua calon. Ke­mudian hasilnya diberikan kepada Menteri Agama. (rel/hen)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional