Menu

Membandel, Belasan Warga Diamankan

  Dibaca : 414 kali
Membandel, Belasan Warga Diamankan
KUMPUL— Satpol PP Kota Padang membubarkan masyarakat yang berkumpul-kumpul di malam hari untuk mencegah penyebaran Covid-19.

TAN MALAKA, METRO
Belasan orang diamankan ke Mako Satpol PP pada Selasa malam (7/4) karena membandel dan tidak mengindahkan imbauan pemerintah yang melarang kegiatan berkumpul di malam hari. Hal ini dilakukan Satpol PP untuk menekan angka penularan pandemi Covid-19 di Kota Padang.

“Kita mengambil beberapa kebijakan serta upaya-upaya pencegahan, seperti dengan membubarkan kegiatan berkumpul serta ada yang diamankan ke Mako Satpol PP,” ujar Kasatpol PP Kota Padang, Alfiadi.

Namun terang Alfiadi, ada juga masyarakat yang anggap enteng instruksi tersebut. Terpaksa mereka yang membandel harus dibawa oleh petugas Satpol PP.

Alfiadi menjelaskan, ada 17 orang yang diamankan dari tiga titik lokasi di wilayah Kota Padang. Mereka dijaring dibeberapa lokasi seperti Pantai Padang, Simpang Enam Padang barat, serta di Jalan Permindo. Belasan remaja juga ikut ditertibkan beserta motornya.

Alfiadi mengatakan bahwa pemerintah Republik Indonesia (RI) telah mengeluarkan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). “Dalam PSBB tersebut untuk beberapa kegiatan dilakukan pembatasan. Seperti meliburkan sekolah maupun kerja serta membatasi kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial baik di tempat umum ataupun kegiatan lainnya,” tukasnya.

Sementara itu ungkapnya, Wali Kota Padang juga telah menerbitkan beberapa instruksi. Seperti pembatasan jam malam, menutup sementara kegiatan rekreasi operasional pariwisata, serta kewajiban memakai masker bagi masyarakat yang keluar rumah.

Ia mengungkapkan, dalam mengoptimalkan program dan upaya pemerintah melawan pandemi Covid-19 ini, Satpol PP harus dengan semaksimal lakukan upaya pencegahan dengan persuasif. Dengan begitu diharapkan kesadaran dari semua pihak dan masyarakat taat akan aturan dan kebijakan tersebut.

“Kami lakukan imbauan dan sebagainya tidak juga mengindahkan dan mereka dengan sengaja masih berkumpul dan berkerumun tidak mengindahkan aturan pemerintah terkait dengan PSBB dalam rangka pencegahan maupun memutus penularan ataupun penyebaran Covid-19. Maka terpaksa mereka diamankan ke Mako Satpol PP,” papar mantan kepala Bapenda Padang ini. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional