Close

Melirik Studi Tiru PKK Pariaman, Promosikan Wisata Daerah

TUKAR CENDERA MATA— Ketua TP PKK Kota Pariaman, Ny. Lucyanel Genius bertukar cendera mata.

Laporan : Efanurza Kota Pariaman

PKK Kota Pariaman pro­misikan wisata Kota Pariaman ke Kota Pekanbaru. Kali ini Ketua TP PKK Kota Pariaman, Ny. Lucyanel Genius promosi wisata di Kota Pekanbaru. “Kota Pariaman sesuai visinya adalah sebagai Kota tujuan wisata, karena itu pemerintah Kota Pariaman, terus berupaya untuk membuat destinasi wisata baru serta mengadakan event setiap bulannya untuk mera­maikan Kota yang terkenal dengan budaya Tabuik nya ini,” ujarnya.

Istri Walikota Pariaman ini juga menyebutkan beberapa destinasi wisata unggulan yang ada di Kota Pariaman, seperti Pulau Angso Duo, Pantai Gon­doriah, Pantai Kata, Apar Mangrove Park dan Penangkaran Penyu, Talao Pauh dan Asean Youth Park.  “Sepanjang pantai yang ada di Kota Pariaman ditata dengan tematik dengan tidak merusak lingkungan yang ada, sehingga kawasan di pesisir pantai dari sunur sampai ke padang birik-birik, menjadi daerah wisata, dengan meng­optimalkan peranan desa dan kelurahan yang ada di ka­wasan tersebut,” ungkapnya.

Ny. Lucyanel Genius juga menambahkan, selain dia­nugerahi kawasan alam yang menawan, Kota Pariaman juga dikenal dengan kulinernya yang lezat, sehingga setiap orang yang berkunjung merasa dimanjakan lidahnya dengan kuliner yang khas dan meng­gugah selera. “Kuliner Kota Pariaman tidak perlu diragukan lagi, bahkan banyak chef atau rumah makan yang ada di luar daerah, yang berasal dari Pariaman, dan tentu di Pa­riaman sendiri, banyak kuliner khas yang menjadi incaran wisatawan dan pengunjung, seperti nasi sala, gulai kapalo lauk dan kuliner lainya,” tutur­nya lebih lanjut.

Ia juga mengajak kepada jajaran Pemerintah Kota Pekan­baru dan TP PKK Kota Pe­kanbaru, untuk berkunjung sekaligus berwisata ke Kota Pariaman, untuk mengusir kepenatan yang selama ini terus bekerja dan juga terham­bat karena pandemi Covid-19, sehingga tidak bisa berwisata keluar daerah.  “Dengan se­makin melandainya angka Covid-19 saat ini, sudah saat­nya kita untuk bangkit kembali, dan Kota Pariaman telah mem­buka destinasi wisata nya, dengan tetap mengikuti prokes yang ada, dan bebe­rapa event pun telah mulai kita adakan, agar pertumbuhan ekonomi yang sempat turun, dapat membaik dengan tinggi nya angka kunjungan wisata ke Kota Pariaman kembali,” ujar­nya.

Studi tiru ke PKK Kota Pekanbaru, Ketua TP PKK Kota Pariaman, Ny. Lucyanel Genius tekankan Kader PKK Kota Pariaman harus bisa, dimana ia melihat PKK Kota Pekanbaru banyak menda­patkan penghargaan dan juga penuh inovasi, dan kader PKK Kota Pariaman juga mesti bisa mendapatkan hal tersebut. “Dengan melihat kepada program kerja dan gerakan yang dilakukan oleh TP PKK Kota Pekanbaru yang banyak men­dapatkan penghar­gaan dan inovasi dalam menja­lankan gerakan PKK, karena itu kita perlu belajar ke sini, sekaligus sharing informasi dan kiat yang mereka lakukan, sehingga kita dapat meniru apa yang telah dilakukan PKK Kota Pekanbaru ini,” ujarnya.

Istri Walikota Pariaman ini juga mengungkapkan bahwa sebagai salah satu program unggulan Kota Pariaman, ada­lah Revitalisasi PKK, dengan tujuan untuk meningkatkan 10 Program Pokok PKK melalui gerakan PKK secara ber­jenjang, karena itu untuk memo­tivasi gerakan PKK terhadap Kader-Kadernya, perlu dilak­sanakan terobosan dan inovasi di dalam menjalankan Gerakan PKK.

“Salah satunya dengan kita melaksanakan study tiru ke daerah yang PKK nya banyak mendapatkan penghargaan dan penuh inovasi, agar kader PKK kita, termotivasi untuk bisa juga mengimplementasikanya nanti di Kota Pariaman,” tukas­nya.  “Kami juga mengajak PKK Kota Pekanbaru untuk datang ke Kota Pariaman, sambil berkreasi nantinya, karena banyak destinasi wisata yang kita punya, selain kuliner nya yang hanya 2 pilihan rasa, yaitu enak dan enak sekali,” ujarnya.

Ny. Lucyanel Genius juga menuturkan kepada jajaran PKK Kota Pariaman, untuk menimba ilmu dan sharing informasi yang ada di PKK Kota Pekanbaru, mana yang terbaik di setiap pokja, untuk dapat dibawa nantinya ketika kembali nanti ke Kota Pariaman.  “Al­ham­dulillah, Kota Pariaman kemaren pada lomba Gerakan PKK tingkat Sumatera Barat, menjadi juara umum, tetapi prestasi ini kiranya dapat kita pertahankan untuk tahun-tahun selanjutnya, dan Kota Pekan­baru telah sampai berprestasi di tingkat Nasional, untuk itu kami harus mencari kiatnya,” ujar­nya. Di akhir acara, setelah saling bertukar cenderamata dan makanan khas daerah masing-masing, dilanjutkan dengan meninjau galeri Dekra­nas­da Kota Pekanbaru. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top