Menu

Melirik Objek Wisata Berkembang Pesat, Jadikan Tujuan Wisata Sejuta Pesona Pengunjung

  Dibaca : 339 kali
Melirik Objek Wisata Berkembang Pesat, Jadikan Tujuan Wisata Sejuta Pesona Pengunjung
NIKMATI KULINER—Wali Kota Pariaman Genius Umar dan Wawako Mardison Mahyuddin menikmati kuliner khas daerah Pariaman.

Laporan : Efanurza, Kota Pariaman
KOTA Pariaman adalah salah kota yang terletak di bagian pesisir pantai Provinsi Sumatera Barat. Tak heran banyak wisata alam dengan sejuta pesona yang sangat mengagumkan di kota Pariaman. Meski begitu masih ada beberapa tempat wisata masih jarang diketahui oleh orang-orang sehingga pesona yang dihadirkan kadang masih tersembunyi.

Oleh karena itu, bagi semua pengunjung dari berbagai daerah rencanakanlah liburan yang spesial ke Kota Pariaman. Para pengunjung berbagai daerah jangan ragu untuk mengunjungi Kota Pariaman Pariaman, karena sangat menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah luar Propinsi Sumatra Barat.

Kenapa tidak nantianya, pengunjung akan disajikan dengan banyak sekali pilihan destinasi wisata menarik yang akan membuat pengalaman liburan pengunjung menjadi tak terlupakan sepanjang berada di Kota Pariaman dan ingin kembali datang menikmati indahnya alam Kota Pariaman.

Semua unsur di Kota Pariaman siap menunggu kedatangan para wisatawan. Nantinya wisatawan itu dapat memilih destinasi wisata mana yang hendak di kunjungi dalam Kota Pariaman. Artinya pengunjung dapat menikmati semuanya. Para pengunjung bisa memilih sesuai dengan rencana liburan yang diinginkan selama berada di Kota tabuik ini.

Berbagai sarana dan para sarana telah disiapkan Walikota Pariaman H Genius Umar bersama Wakilnya Mardison Mahyuddin agar para pengunjung nyaman selama menikmati indahnya semua objek wisata Kota Pariaman.

Lihat saja kemarin, Walikota Pariaman, Genius Umar langsung memimpin apel kesiap siagaan dalam rangka pengamanan dan kesiapan seluruh stakeholder yang terkait dengan pariwisata yang ada di kawasan Pantai Gandoriah, bertempat di Muaro Lapangan Parkir Pantai Gandoriah.

Genius Umar mengingatkan perlunya menciptakan kenyamanan, keamanan dan kebersihan bagi para pengunjung atau wisatawan yang datang untuk menikmati pantai dan pulau yang ada di Kota Pariaman.

“Pantai kita sangat bagus, tinggal bagaimana kita menjadi tuan rumah yang baik bagi wisatawan, sehingga mereka merasa nyaman dan berkesan datang di destinasi wisata yang ada di daerah kita,” ujarnya.

Lebih lanjut Wako Pariaman ini mengungkapkan kepada para petugas agar dapat melayani dengan baik, mulai dari personil Pol PP, Dinas Perhubungan, Pol Air, BPBD, Pramuwisata, Petugas tiket hendaknya dapat menerapkan prilaku yang mencerminkan Sapta Pesona, serta kepada para pedagang agar selalu memperhatikan kebersihan tempat berjualanya agar selalu bersih.

“Dapat kita lihat pagi ini, sudah ada beberapa bus pariwisata yang yang datang dari provinsi tetangga kita, tepatnya dari Pelalawan, Riau, bagaimana kita dapat menciptakan pantai yang bersih, dan pelayanan yang prima, sehingga ketika mereka kembali ke daerahnya, secara tidak langsung mereka akan menceritakan apa yang didapatnya ketika berwisata ke Kota Pariaman,” tutur Genius Umar.

“Kita berharap pariwisata kita akan semakin maju, dan Pulau Angso Duo dan Pantai Gandoriah yang menjadi lokomotif dari tingkat kunjungan wisatawan, dapat semakin ramai dikunjungi, yang tentu saja dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, karena kita masih dimasa pandemi Covid-19 yang masih belum tahu kapan akan berakhirnya,” tambahnya.

Di akhir apel, Genius Umar juga berdialog dengan para personil apel yang hadir, serta memberikan semangat dan apresiasi kepada mereka, yang telah menjalankan tugas dengan baik.

Sebelumnya, Genius Umar melaksanakan rapat kordinasi tentang finalisasi calender of event “Pariaman Festival 2021. Rapat tersebut digelar oleh Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kota Pariaman.

Dalam laporannya kepada Walikota Pariaman Kepala Disparbud Kota Pariaman Dwi Marhen Yono sampaikan, bahwa tujuan diadakannya rakor ini adalah untuk menggerakkan kembali event-event wisata kota pariaman yang sempat terhenti karena pandemi Covid-19. “Untuk tahun 2021 walaupun pandemi covid-19 masih ada, kita kembali akan giatkan event-event wisata yang menjadi andalan Kota Pariaman, serta membangkitkan kembali ekonomi masyarakat Kota Pariaman yang sempat terganggu sampai saat ini,” ungkapnya.

Hal tersebut dibenarkan oleh Walikota Pariaman Genius Umar, Pariaman adalah kota tujuan wisata, walaupun di tahun 2020 kegiatan wisata sempat terhenti karena pandemi covid-19, tetapi untuk tahun 2021 akan coba laksanakan kembali event-event wisata tersebut agar ekonomi masyarakat kembali menggeliat dan sekaligus juga bisa meningkatkan PAD Kota Pariaman yang juga menurun.

“Saat ini kita memiliki keterbatasan anggaran semenjak DAU dan DAK Kota Pariaman berkurang dari pemerintah pusat karena pandemi, dan juga PAD Kota Pariaman sangat jauh berkurang sehingga APBD daerah kita menurun, bukan hanya kita saja seluruh daerah di Indonesia bahkan Dunia terdampak ekonominya akibat pandemi ini,” ungkap Genius Umar.

“Untuk membangkitkan kembali ekonomi kita yang sempat terpuruk ini, saya minta masing-masing OPD-OPD, Camat, Komunitas Seni, Komunitas Olahraga, untuk ikut memberikan kontribusi dalam bentuk kegiatan, yang bisa diangkat menjadi salah satu kegiatan wisata tahunan minimal satu kegiatan, sehingga bisa meningkatkan kembali ekonomi dan mensejahterakan masyarakat Kota Pariaman,” jelas Genius Umar.

Beliau berharap pada tanggal 23 Januari 2021 pada saat meresmikan pentas seni yang ada di pantai kata yang mana merupakan bantuan dari Kementerian Pariwisata, Calender Event 2021 ini sudah bisa dilaunching dan dipromosikan keluar daerah oleh Disparbud dan Asisten I, seperti ke Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, dan Daerah-Daerah perbatasan di Sumatera Barat.

“Pesan saya, dalam setiap kegiatan yang di adakan selalu patuhi protokol kesehatan, karena kita tidak tahu kapan pandemi ini akan berakhir walaupun sudah ada vaksinnya. Semoga kegiatan ini diredhai oleh Allah SWT, sehingga dapat berjalan dengan lancar dan terhindar dari covid-19,” tandas Walikota Pariaman Genius Umar mengakhiri. (***)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional