Close

Melirik Keindahan Alam Salimpaung, IPDN Tertarik Jadikan Tempat Penelitian

Bupati dan Wakil Bupati foto bersama dengan Direktur IPDN berserta jajaran.

TANAHDATAR, METRO
Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Sumatera Barat Kampus Baso lirik potensi keindahan alam Nagari Tabek Patah Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar untuk dijadikan lokus kegiatan bagi dosennya, seperti penelitian maupun pengabdian masyarakat dan itu juga sesuai dengan tri darma Perguruan Tinggi.

Ketertarikan IPDN Baso dengan keindahan alam Tabek Patah ini terungkap saat Direktur IPDN Sumatera Barat Tun Huseno bersama rombongan bertemu dengan Bupati Tanah Datar Eka Putra di Rumah Dinas komplek Indo Jolito Batusangkar, Jum’at (26/03).

“Kami lihat view Panorama Tabek Patah sangat indah, dari itu Nagari Tabek Patah sangat potensial untuk dijadikan nagari wisata, walau hal ini tidak mudah karena banyak faktor yang akan menyokong ini, namun kami akan fokus kepada SDM nya (masyarakat),” ujarnya.

Dikatakan Tun Huseno yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata di Kota Sawahlunto itu, kegiatan peningkatan kualitas SDM yang dilaksanakan seperti pelatihan bahasa Inggris yang dijadwalkan dua kali satu minggu (Kamis dan Jum’at) untuk 20 orang peserta dari pelaku wisata dan masyarakat, serta meminta bupati bisa melaunching nantinya.

Terkait informasi nagari pihak IPDN juga akan mengupdate dan memberikan pendampingan terhadap konten website Nagari Tabek Patah seperti potensi pertanian, perkebuhan, UMKM dan komoditi yang ada di nagari.

“Kami juga akan membuat sistem pelayanan di Kantor Wali Nagari Tabek Patah yang mengacu pada aplikasi, karena kami juga punya parodi trip yang khusus untuk IT dan kami ingin menjadikan Nagari Tabek Patah sebagai percontohan di Provinsi Sumatera Barat,”ujarnya.

Disampaikan ke depannya juga akan berupaya melibatkan praja untuk kegiatan luar kampus sehingga praja-praja akan berbaur dengan masyarakat.”Saat ini pada hari Sabtu praja IPDN ini juga melatih tata upaca bendera yang baik dan benar bagi pelajar SMAN 1 Salimpaung,” tambahnya.

Direktur juga menyebut ada kerja sama dengan Universitas Bung Hatta untuk penyuluhan tentang ikan ciri khas di Nagari Tabek Patah, dan Dekan Universitas Bung Hatta bersedia untuk pengembang biakkan ikan tersebut.

Sementara itu Bupati Tanah Datar Eka Putra menyambut baik, memberi suport dan dukungan terkait rencana IPDN tersebut yang akan berkolaborasi dengan masyarakat Tanah Datar terkhusus masyarakat Nagari Tabek Patah.

“Semoga ini akan dapat meningkatkan SDM masyarakat dan meningkahkan kunjungan wisata ke Tanah Datar, kita tidak punya pertambangan maupun industri besar, namun kita punya pesona alam karunia Tuhan yang harus dijaga dan dikelola dengan baik dan mendatangkan berkah bagi kita,” ucapnya.

Bupati juga minta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk dapat dapat menindak lanjuti dan mendukung program IPDN di Nagari Tabek Patah tersebut.

Turut hadir saat pertemuan tersebut Wakil Bupati Richi Aprian, Asisten Pemerintahan dan Kesra Suhermen, Kepala Dinas PMDPPKB Nofenril, Kadis Kominfo Abrar, Kabag POD Herison, Kabag Humas dan Protokol Yusrizal. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top