Menu

Melirik Aktivitas PKK di Masa Normal Baru

  Dibaca : 197 kali
Melirik Aktivitas PKK di Masa Normal Baru
HADIRI ACARA PKK— Wako Genius Umar menghadiri acara kegiatan TP-PKK Kota Pariaman.

Laporan : Efanurza, Kota Pariaman

Kota Pariaman dibawah kepemimpinan Wali Kota Pariaman H Genius Umar dan Wakilnya Mardison Mahyuddin hingga kini terus melaksanakan berbagai jenis program untuk kemajuan daerahnya dalam segala bidang pembangunan.

Segala lini digerakan Wali Kota Genius Umar sepanjang untuk kemajuan Pariaman yang lebih baik ke depannya. Salah satunya PKK Kota Pariaman digerakan, apalagi di masa new normal.

”Pemerintah Kota Pariaman memiliki kepentingan dan perhatian yang sangat besar dalam memfasilitasi dan mendorong gerakan PKK, agar terus tumbuh dan berkembang, sehingga mampu memberikan kontribusi dalam menyukseskan program-program pembangunan,” kata Genius Umar, kemarin.

Mulai berkontribusi mewujudkan visi pembangunan Kota Pariaman kedepannya, melalui revitalisasi TP PKK yang merupakan salah satu program unggulan Pemerintah Kota Pariaman yang tertuang dalam RPJMD Kota Pariaman Periode 2018-2023.

Kehadiran PKK melalui 1.015 Kelompok Dasawisma-nya pada 71 Desa/Kelurahan di kota pariaman telah teruji keberadaannya, memberikan harapan besar bagi pemerintah kota pariaman untuk bersama-sama mengatasi berbagai permasalahan yang berkembang dalam kehidupan masyarakat.

Oleh karena itu, kami berharap kiranya PKK dalam mengembangkan kegiatannya tidak berdiri sendiri, melainkan harus bermitra secara sinergis dengan lembaga-lembaga kemasyarakatan lainnya dan Pemerintah Kota Pariaman. “Apabila kemitraan seperti ini dapat dikembangkan, Insya Allah akan mampu mempercepatkan program pemberdayaan masyarakat. Selain itu dengan kerja keras para kader Dasawisma, ternyata mampu memberikan kontribusi terhadap penurunan Total Fertility Rate (TFR) yang cukup signifikan pada Wanita Usia Subur dan pencegahan Stunting,” terang Genius Umar.

Atas dasar itulah Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Pariaman memberikan bantuan bibit tanaman yang diserahkan ke Kelompok Wanita Tani (KWT) se-Kota Pariaman.

Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kota Pariaman, Ny. Lucyanel Genius dan Kepala Dinas P3 Kota Pariaman, Dasril menyebutkan bahwa bantuan bibit tanaman diberikan untuk KWT se-Kota Pariaman. “Hari ini, penyerahan bantuan diberikan secara simbolis untuk delapan KWT yang menerima bibit tanaman. Nantinya, dalam minggu ini juga akan diserahkan kembali sebanyak 62 KWT dengan total keseluruhannya ada 70 KWT yang ada di Kota Pariaman yang menerima bantuan tersebut,“ ungkapnya.

“Delapan KWT tersebut yakni KWT Perawitan, KWT Sayang Ibu, KWT Percaya Diri, KWT Serunai, KWT Tunas Mekar Jaya, KWT Mandiri, KWT Sehati, dan KWT Sejahtera,“ ulasnya.

Sementara untuk jenis bahan bantuan yang diberikan sebanyak 160 paket bibit tanaman, 32 unit rak vertikular, 200 Kg polibag, 10.000 Kg pupuk kandang, 200 batang tanaman buah, 1.000 Kg NPK dan 960 buah pot tanaman.

“Bibit tanaman 1 paket terdiri dari kacang panjang, cabe rawit, terung, tomat, jagung manis, kangkung, bayam dan cabe kriting. Sedangkan tanaman buah yang diberikan yakni nangka mini, eruk madu, lengkeng, jambu kristal dan jambu madu,“ ujarnya.

Dasril juga berharap dengan diserahkan bantuan ini, tentunya dapat meningkatkan ketahanan pangan di Kota Pariaman. “ Tidak hanya bapak-bapak tani saja yang berusaha tani dibidang padi dan jagung. namun wanita-wanita KWT juga ikut membantu kepala keluarga dalam meningkatkan ketahanan pangan dengan memanfaatkan perkarangan yang ada,“ paparnya.

Lebih jauh disampaikan Lucyanel Genius Umar yang juga Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kota Pariaman menyatakan Kelompok Wanita Tani (KWT) merupakan garda terdepan untuk ketahanan pangan bagi keluarga dan daerahnya.

“Karena itu kita memberikan arahan pada KWT penerima bantuan tanaman buah dan bibit sayuran, dari Dinas Pertanian Pangan Perikanan (PPP) Kota Pariaman,” ujarnya.
Ny. Lucyanel Genius mengatakan bahwa disituasi saat ini, dimasa pandemi Covid-19 masih berlangsung. “Kita tidak boleh larut dengan situasi yang ada, dan harus selalu tetap aktif dan produktif,” ujarnya.

Dia tidak tahu kapan virus corona ini akan berkahir, karena itu harus selalu produktif untuk mencari rezeky dan berusaha untuk mencukupi pangan keluarga, salah satunya dengan menanam sendiri tanaman sayur dan buah di halaman rumah sendiri atau halaman kelompok bersama.

“Untuk tahap pertama ini, baru kita salurkan untuk 8 KWT dari 70 KWT yang ada di Kota Pariaman, dan sisanya 62 KWT lagi akan kita bagikan dalam waktu dekat ini,” ujarnya.

Bantuan yang diberikan kepada KWT inipun tidak tanggung-tanggung, dimana untuk masing-masing KWT diberikan berupa 25 tanaman buah, mulai dari buah jambu kristal, jambu biji, lengkeng madu, jeruk madu dan nangka. Untuk bibit sayuran sebanyak 20 paket, seperti bibit kangkung, Kemudian KWT ini juga diberikan pupuk NPK sebanyak 125 KG dan pupuk kandang sebanyak 1.250 KG (40 Karung), selain polybag sebanyak 25 Kg, pot tanaman sebanyak 120 buah serta 4 buah rak vertikultur, yang semuanya berasal dari Dinas PPP Kota Pariaman.

Ny. Lucyanel Genius yang juga Ketua Forikan (Forum Peningkatan Konsumsi Ikan) menghimbau agar tanaman buah dan bibit sayuran yang diberikan ini harus ditanam dengan baik, bisa di tanah kelompok bisa juga di tanah pekarangan sendiri, sehingga hasilnya nanti dapat dirasakan oleh semua peserta dari KWT itu sendiri.

“Dengan terpenuhinya kebutuhan pangan dari para anggota KWT, kita berharap daerah kita dapat sebagai daerah tangguh pangan dan juga mempunyai ketahanan pangan sendiri, sehingga kita tidak tergantung oleh daerah lain, dan tercukupi pangan mulai dari sayur dan buah,” tukasnya.

“Saya bersama dengan kepala Dinas PPP, Ketua UPT Pertanian dan Penyuluh Pertanian yang ada di desa dan kelurahan masing-masing, akan meninjau dan mengecek pelaksanaan bantuan ini, apakah ditanam dan diberdayakan atau tidak,” paparnya. (***)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional