Close

Melawan Saat Ditangkap, Pelaku Pencurian di SPBU Bandar Buat Ditembak Polisi

TIMAH PANAS— Unit Opsnal Polsek Lubuk Kilangan menangkap pelaku pencurian di SPBU Bandar Buat. Pelaku yang aksinya terekam kamera CCTV ini harus dihadiahi timah panas lantaran melawan saat akan ditangkap.

PADANG, METRO–Melakukan pencurian di SPBU Bandar Buat, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Syafrizon alias Kamput (36) warga Pampangan terpaksa dilakukan tindakan tegas dan terukur, karena melawan petugas dan mencoba melarikan diri ketika di­tangkap.

Pelaku ditangkap di Kubang Jalan Limau Manis, Kecamatan Pauh, Kota Padang pada Jumat (15/10) pagi. Pelaku langsung dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Padang untuk mengeluarkan peluru yang bersarang di kakinya.

Kapolsek Lubuk Kila­ngan AKP Lija Nesmon mengatakan, aksi yang dilakukan oleh pelaku ada­lah mengambil uang yang berada di dalam sebuah mobil disaat pemiliknya sedang pergi ke toilet.

“Jadi saat itu pemilik mobil sedang pergi ke toilet dan memarkirkan ken­daraannya dalam keadaan kaca terbuka, sehingga pelaku ini dengan luluasa mengambil uang yang ada dalam mobil tersebut,”ujar Lija Nesmon.

Dikatakan oleh Lija Nes­mon total uang yang berhasil dibawa kabur oleh pelaku berjumlah Rtp 3,5 juta dan langsung mela­porkannya ke Polsek Lubuk Kilangan.

“Dari laporan korban ke Polsek Lubuk Kilangan tentang adanya tindak pi­dana pencurian di SPBU Bandar Buat, anggota Ops­nal Polsek Lubuk Kilangan langsung bergerak ke TKP dan dari hasil olah TKP ditemukan pelaku tindak pidana terekam CC­TV,”ka­ta Lija Nesmon.

Dilanjutkannya, berda­sarkan hasil rekaman CC­TV tersebut personil Ops­nal Polsek Lubuk Kilangan mengetahui identitas pe­laku dan dilakukan penge­jaran terhadap pelaku.

“Setelah dilakukan pe­nyelidikan pelaku diketahui keberadaannya di TKP, selanjutnya dilaku­kan pe­nangkapan terha­dap pela­ku. Kemudian pe­laku dia­mankan dan diba­wa untuk mencari barang bukti yang telah dicuri oleh tersang­ka,”imbuhnya.

Ketika diminta untuk menunjukan barang bukti lanjut Lija Nesmon, pelaku berupaya melarikan diri dan melwan petugas, ke­mudian petugas melaku­kan tin­da­kan tegas terukur terhadap pelaku dengan menembak betis kanan pelaku.

“Pelaku kemudian diba­wa ke RS Bhayangkara un­tuk mendapatkan perawa­tan. Berdasarkan ketera­ngan pelaku bahwa dirinya mengakui melakukan tin­dak pidana tersebut dan selanjutnya pelaku beserta barang bukti diamankan ke Polsek Lubuk Kilangan gu­na proses penyidikan lebih lanjut,”tuturnya.

Barang bukti yang dia­mankan, berupa satu unit sepeda motor merk Honda Scoopy warna merah BA 2134 QW, satu lembar jaket warna hitam, satu lembar baju warna biru dan satu lembar celana jeans.

“Keseluruhan barang bukti yang diamankan me­rupakan perlengkapan yang dipakai oleh ter­sang­ka saat beraksi, sesuai dengan yang ada dalam rekaman CCTV. Tersangka akan dikenakan pasal 363 KUHP tentang pencurian diancam hu­ku­man diatas lima tahun pen­jara, “ujar­nya. (rom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top