Close

Melaui Penggunaan Model Project Based Learning, Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Pada Kelas XII MM 2 Di SMK N 1 Pangkalan Pada Semester Ganap TP. 2021/2022

NELMI, S.Pd., M.MP (Guru SMK N 1 Pangkalan)

Rendahnya aktivitas dan Hasil Belajar siswa kls.XII MM 2 di SMK N 1 Pangkalan dalam pem­be­lajaran Bahasa Inggris adalah menjadi masalah utama yang ditemui se­lama ini. Tujuan penelitian ini, yaitu  Satu, mening­katkan aktivitas siswa da­lam pembelajaran dengan menggunakan model pro­ject based learninmetode Pemberian Tugas pada pem­belajaran Bahasa Ing­gris, Dua meningkatkan aktivitas mental siswa da­lam pembelajaran dengan menggunakan model pro­ject based learning metode pemberian tugas pada pem­belajaran Bahasa Inggris.

Tiga, meningkatkan ak­tivitas emosional siswa dalam pembelajaran de­ngan menggunakan model project based learning me­tode pemberian tugas da­lam pembelajaran Bahasa Inggris . Metode yang di­gu­nakandalam penelitian ini adalah metode des­kriptif.  Bentuk penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Subjek dalam pene­litian ini yaitu seluruh siswa kelas XII MM 2 di SMK N 1 Pangkalan dengan siswa­nya berjumlah 31 orang siswa yang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Selain siswa, guru sebagai teman sejawat juga terlibat dalam melaksanakan pem­belajaran juga penelitian ini karena mereka tersebut dijadikan sebagai obsever dalam kegiatan maka guru teman sejawat juga men­jadi bagian dari subjek penelitian.

Hasil penelitian yaitu, Satu, penggunaan metode pemberian tugas dapat meningkatkan aktivitas diri siswa, terdapat pening­katan rata-rata sebesar 11,76%. Dua, penggunaan metode pemberian tugas dapat meningkatkan hasil belajar siswa siswa, ter­dapat peningkatan sebesar 26,67%. Tiga, penggunaan metode pemberian tugas dapat meningkatkan aktivi­tas emosional siswa, ter­dapat peningkatan rata-rata sebesar 20%.

Kata Kunci, aktivitas  dan hasil belajar, pem­belajaran Bahasa inggris dengan menggunakan mo­del project based learning metode pemberian tugas.  The low activity of students in learning science English Subjeck in SMKN 1 Pang­kalan Upper River. The purpose of this study, namely  (1). Increasing physical activity of students in learning by using the givent task method in science teaching. (2), Improve the mental activity of students in learning by using the experimental method in science teaching. (3), Enhance the emotional activity of students in learning by u­sing the experimental me­thod in science teaching.

The method used in this research is descriptive method. This research forms, namely action research. Subjects in this study are all twelleve.mm two grade students of State unior hight School , amounting to 16 students consisting of boys and 15 girls they are 31 all of in the clases. In addition to students, teachers impleme­nting learning is also part of the research subjects. The results are.
(1). The use of givent task methods to increase students’ physical activity, there is an average increase of 11.76%. (2),The use of experimental methods to improve students’ mental activity of students, there is an increase of 26.67%. (3), The use of the experimental method can increase the emotional activity of students, there is an average increase of 20%. Keywords: learning activities, learning English Subject by the givent task methods. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top