Close

Melalui Kemah Seniman 2021, Bambang Mara Sampono: Merawat Kebudayaan Sebenarnya Merawat Peradaban

Bambang Mara Sampono.

PADANGTONGAH, METRO–Salah seorang seniman peserta kemah seniman 2021 sekaligus pendiri Pincuran Raso Production, Bambang Sriyanto atau lebih dikenal Bambang Mara Sampono, mengapresiasi perhatian Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat, Supardi yang peduli terhadap kebudayaan. Menurutnya, pemerintah tidak hanya merawat kebudayaan tetapi sebenarnya sedang merawat peradaban.

“Sebab, berbicara kebudayaan bukan ha­nya berbicara kepada seni dan kebudayaan saja, tetapi lebih kepada merawat peradaban da­lam tatanan nilai-nilai luhur tradisi yang per­nah hidup dan ber­kem­bang dimasa lalu,” se­but­nya saat berbincang dengan awak media di­sela-sela kegiatan ke­mah seniman 2021 di Area Komunitas Intro, Padang Tongah Balai Nan Duo, Kota Paya­kumbuh.

Hari ini, di tengah kemajuan teknologi informasi, komunikasi, tran­portasi dan masuknya pengaruh budaya luar di tengah-tengah tatanan kehidupan masyarakat lokal, maka sangat penting adanya resolusi budaya. Karena menurut Mara Sampono, saat ini tengah berkecamuk terjadi degradasi nilai-nilai kebudayaan atau adap.

Menurutnya, tidak sepenuhnya salah dengan kemajuan teknologi informasi, dan masuknya budaya luar di tengah-tengah masyarakat lokal, tetapi salahnya tidak ada benteng yang kokoh tertanam dalam diri anak-anak muda dan generasi penerus hari ini terhadap adap dan karakter serta moral.

“Terkikisnya karakter tidak bisa disalahkan teknologi informasi, tapi kita yang tidak merawat dan tidak punya benteng. Budaya global tidak bisa dibendung dia datang bagai air bah, dan kita minangkabau tidak punya benteng bahkan nasional. Dengan menghidupkan seni dan rasa kita punya benteng untuk bertahan,” sebutnya.

Lulusan Seni Tari, Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang tahun 1993 ini melihat bahwa banyak nilai-nilai tradisi minangkabau masa lampau ikut mempengaruhi tatanan kehidupan tidak hanya di Sumatera Barat tetapi ditingkat nasional. Karena, menurutnya, banyak tokoh-tokoh asal minangkabau dari berbagai latar belakang disiplin keilmuan yang menjadi suri tauladan ditingkat nasional bahkan internasional. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top