Menu

Melalui GMHP Diharapkan Partisipasi Pemilih Capai 100 Persen

  Dibaca : 461 kali
Melalui GMHP Diharapkan Partisipasi Pemilih Capai 100 Persen
SOSIALISASI— Wawako Payakumbuh Erwin Yunaz menghadiri Sosialisasi Gerakan Menyelamatkan Hak Pilih (GMHP) yang diselenggarakan KPU Kota Payakumbuh di Kantor Lurah Nunang Dayabangun, Kecamatan Payakumbuh Barat, Rabu (17/10).

NUNANG, METRO – Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz menghadiri Sosialisasi Gerakan Menyelamatkan Hak Pilih (GMHP) yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh di Kantor Lurah Nunang Dayabangun, Kecamatan Payakumbuh Barat, Rabu (17/10). Melalui gerakan ini diharapkan semua pemilih Kota Payakumbuh yang sudah termasuk kategori mempunyai hak pilih benar-benar masuk dalam daftar pemilih tetap.

Hadir pada kesempatan itu, Ketua KPU, Haidi Mursal beserta anggota Netty Payoka, Ketua Bawaslu Kota Payakumbuh, M. Khadafi, Camat Payakumbuh Barat, Nurdal dan Lurah Nunang Dayabangun.

“Ini sebuah gerakan yang memang harus kita mulai dari kepala daerah. Kita tunjukkan keseriusan Kota Payakumbuh untuk melindungi hak pilih warganya. Kita tunjukkan bahwa Payakumbuh adalah barometer untuk kegiatan patuh dan taat pada aturan-aturan terkait Pemilu ini,” ujar Wawako Erwin Yunaz.

Erwin mengapresiasi KPU dan Panwaslu Kota Payakumbuh yang telah berinisiatif memulai GMHP. Dirinya berharap, melalui gerakan tersebut partisipasi pemilih terbanyak pada pemilu kedepan adalah Kota Payakumbuh. “Melalui gerakan ini, kedepan pemilih terbanyak (partisipasi-red) ada di Payakumbuh. Kalau bisa seratus persen,” ujar Erwin optimis.

Sementara Ketua KPU, Haidi Mursal berharap dengan dilakukannya GMHP ini akan muncul peran dan kepedulian seluruh elemen masyarakat terhadap keberadaan atau kevalidan data pemilih. Menurutnya, hal tersebut akan berpengaruh kepada kualitas pemilu kedepan.

“Dengan validnya data pemilih, tentu tidak ada pihak yang dirugikan. Ketika tidak ada pihak yang dirugikan maka pemilu bisa berlangsung semarak, dan tentu saja dilandasi azas Jujur dan Adil, karena semua terpenuh hak-hak nya dalam pemilu tersebut,” jelas Haidi.

Pada kesempatan itu, wakil walikota turut mengecek langsung apakah dirinya sudah terdaftar dalam DPT melalui aplikasi DPT yang dimiliki KPU Kota Payakumbuh. Sayangnya saat diketik nama Erwin Yunaz, ternyata nama tersebut belum terdaftar. Namun saat diketik Erwin Yunas, maka muncul data sesuai dengan data Wawako.

“Mohon maaf pak, mungkin ini ada kesalahan entri dari petugas kami, secepatnya akan kami perbaiki,” ujar petugas operator KPU kepada Wawako Erwin.

GMHP sendiri akan berlangsung hingga tanggal 28 Oktober 2018 mendatang. Diharapkan warga mengecek sendiri, apakah sudah terdaftar dalam DPT atau belum.

“DPT sudah kami pampangkan disetiap sekretariat PPS kelurahan, silahkan di cek. Kedepan, semoga tak ada lagi warga wajib pilih yang tidak bisa memilih pada pemilu mendatang,” pungkas Haidi Mursal. (us)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional