Menu

Melalui Baznas Kota Pariaman, Mahasiswa Jalur Reguler Terima Zakat

  Dibaca : 137 kali
Melalui Baznas Kota Pariaman, Mahasiswa Jalur Reguler Terima Zakat
SERAHKAN ZAKAT— Pjs Wali Kota Pariaman Mardison Mahyuddin menyerahkan zakat.

PARIAMAN, METRO
Pemerintah Kota Pariaman melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pariaman kembali mendistribusikan zakat untuk mustahiq (penerima zakat) yang merupakan mahasiswa jalur reguler asal Kota Pariaman yang sedang menempuh pendidikan di beberapa perguruan tinggi.

Zakat yang berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemko Pariaman ini langsung diserahkan oleh Plt. Wali Kota Pariaman, Mardison Mahyuddin, kemarin.

Sebanyak 275 orang mahasiswa di empat Kecamatan se Kota Pariaman menerima zakat sebesar Rp. 1,5 juta perorangnya.

“Hari ini kita membagikan zakat kepada mustahiq dimana mereka merupakan mahasiswa asal Kota Pariaman yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi,” ungkap Plt. Wali Kota Pariaman, Mardison Mahyuddin.

Sebelumnya, Pemko Pariaman telah mendistribusikannya kepada 102 orang mahasiswa Kota Pariaman yang kurang mampu yang menerima Program Satu Keluarga Satu Sarjana (Saga Saja).

Mardison menjelaskan, zakat ini berasal dari seluruh ASN di lingkungan Pemko Pariaman dimana semuanya diwajibkan untuk menyisihkan uangnya dan disetor ke Baznas Kota Pariaman, kemudian Baznas Kota Pariaman yang mendistribusikan kepada seluruh mustahiq yang patut dan layak menerima.

Mantan Ketua DPRD Kota Pariaman tiga periode ini juga tegaskan, pentingnya pendidikan sebagai wujud untuk mengentasan kemiskinan, meningkatkan harkat martabat keluarga dan mensetarakan ekonomi masyarakat.

“Pemerintah daerah selalu berupaya dan bersinergi dengan siapapun termasuk dengan Baznas untuk bisa memberikan bantuan-bantuan kepada seluruh masyarakat Kota Pariaman demi meringankan beban ekonomi mereka yang lemah,” ujarnya.

“Pemerintah bercita-cita bagaimana masyarakatnya pintar makanya pemerintah membiayai pendidikan anak-anak kita mulai dari SD, SMP, SMA sampai perguruan tinggi,” sambung dia.

Diharapkan pula dengan bantuan zakat sebentuk beasiswa ini dapat menunjang keberlangsungan mereka dalam menuntut ilmu di kampus yang mereka sukai.

Sementara itu, Ketua Baznas Kota Pariaman, Jamohor mengatakan, untuk awal pendistribusian zakat hari pertama adalah Kecamatan Pariaman Tengah sebanyak 94 mustahiq dimana masing-masing menerima Rp. 1,5 juta perorangnya. Kecamatan Pariaman Utara sebanyak 70 orang, Kecamatan Pariaman Selatan sebanyak 50 orang dan Kecamatan Pariaman Timur sebanyak 61 orang.

“Total zakat Program Pariaman Cerdas yang di distribusikan untuk 275 mahasiswa ini ialah sebesar Rp. 412.500.000,” tutup Jamohor.

Usai membuka kegiatan, dilanjutkan dengan penyerahan zakat kepada mustahiq secara simbolis diserahkan langsung oleh Plt. Wali Kota Pariaman, Mardison Mahyuddin didampingi perwakilan Kemenag Kota Pariaman, Zahardi, Kabag Kesra Setdako Pariaman, Syamsuardi, Ketua Baznas Kota Pariaman, Jamohor, Wakil Ketua, Syofian Jamal dan Khaidir, Kepala Pelaksana Baznas Kota Pariaman, Dedi Kurniadi. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional