Menu

Media Massa Dituntut Berikan Edukasi bagi Masyarakat

  Dibaca : 75 kali
Media Massa Dituntut Berikan Edukasi bagi Masyarakat
Ketua DPRD Kota Solok, Nurnisma

SOLOK, METRO
Ketua DPRD Kota Solok, Nurnisma berharap peran media massa sebagai penyebar informasi di tengah masyarakat, menjadi sarana untuk memberikan “edukasi” bagi masyarakat pembacanya. Apalagi peran media massa sangat penting terutama dalam melakukan tugasnya sebagai salah satu alat kontrol sosial.

Hal ini disampaikan Ketua DPRD Kota Solok, Nurnisma ketika melakukan kegiatan berbuka bersama dengan sejumlah wartawan di Kota Solok. Pada kesempatan itu, Nurnisma juga mengungkapkan media massa menjadi mitra strategis bagi lembaga DPRD dalam melakukan fungsi pengawasan.

“Peran media massa sangat penting sebagai sarana kontrol sosial. Dan dalam melakukan fungsi pengawasan, lembaga DPRD saya rasa perlu menjalin kemitraan dengan media massa,” ujar Nurnisma.

Namun lanjutnya dalam menyajikan informasi melalui media massa, selain berimbang dan berdesakan fakta yang ada, media massa juga dapat menjadi sarana dalam mendidik masyarakat dalam menambah wawasan.

Kepada wartawan, Nurnisma juga menggambarkan kinerja lembaga legislatif yang baru saja dipimpinya. Sejumlah tugas kedewanan seperti dalam menjalankan fungsi legislasi telah menyetujui sejumlah Ranperda menjadi Perda. Akan tetapi produk hukum daerah yang telah disetujui itu perlu pengawasan agar berjalan sesuai yang diharapkan.

“Di sini lah peran media massa sangat penting sehingga program pemerintah yang telah disepakati bersama dewan dapat berjalan sesuai yang diharapkan dan membawa dampak bagi masyarakat dan daerah,” jelas Nurnisma.

Nurnisma juga berharap adanya peran aktif dari semua pihak dalam memberikan pengawasan terhadap kinerja pemerintah termasuk kinerja dewan sendiri. Tidak saja media massa, peran masyarakat dalam mengawasi berjalannya program pemerintah yang ditetapkan bersama dewan juga sangat diharapkan.

Bahkan lanjutnya, peran masyarakat tidak saja sebatas pengawasan, dalam menyusun program dan kegiatan peran aktif masyarakat juga penting. Tujuannya program kegiatan yang dilahirkan benar benar menjadi kebutuhan masyarakat dan dirasakan dampaknya oleh masyarakat. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional