Close

Mayat Mengapung Ditemukan di Batang Masang Pasbar

EVAKUASI JENAZAH Basarnas Pasaman saat mengevakuasi mayat yang hanyut di aliran Batang Masang, Kinali Pasaman Barat.

AGAM, METRO–Mayat seorang pria tanpa busana ditemukan di aliran Batang Masang, Kinali, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) pada Rabu (19/10). Diketahui, mayat tersebut adalah warga Jorong Pa­dang Koto Gadang, Nagari Salareh Aia, Palembayan, Kabupaten Agam.

Hal itu dibenarkan oleh Wali Jorong Padang Koto Gadang, Zulkifli, saat dihu­bungi awak media Kamis (20/10). Zulkifli mengata­kan, semula ada laporan bahwa warganya atas na­ma Zaini (50), telah hilang sejak Selasa (18/10).

Lalu, kata Zulkifli, warga sekitar jorong mencari di mana keberadaan Zaini itu. Tapi tidak ditemukan. “Warga terakhir melihat dia Selasa (18/10), sedang di ladang sawit, tak berpakaian satu pun, sebab memang agak kurang normal juga,”jelas Zulkifli.

Tapi warga takut menghampiri, dan melapor kepada Zulkifli terkait Zaini yang berada di ladang sawit tanpa busana itu. “Lalu saya ke lokasi, dan tak ditemukan lagi keberadaan Zaini di sana, malamnya langsung kami cari, tapi juga tidak ketemu,”ujar Zulkifli.

Besok harinya, Rabu (20/10), Zulkifli menyebut bahwa ada laporan penemuan mayat di aliran sungai Batang Masang, Pasaman Barat. Zulkifli langsung melihat, dan memang benar bahwa itu warga dia yaitu Zaini. Dia ditemukan sudah tak bernyawa.

 “Saat mayat itu ditemukan, kondisinya pucat, mungkin karena sudah la­ma terendam diduga hayut dari hulu. Kondisi mayat utuh, tidak ada tanda-tanda luka atau hilang organ dan sebagainya,”tambah Zulkifli.

Zulkifli mengatakan, mayat Zaini saat ini telah dikuburkan di Padang Koto Gadang, Salareh Aia, Agam. “Setelah mayat Zaini ini ditemukan, kami mengurus beberapa prosedur, dan akhir­nya kini dia suduh dikuburkan,” pungkas Zaini.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Bambang Warsito di Lubukbasung mengatakan, jasad korban ditemukan warga di AMP 2 Nagari Kinali, Kabupaten Pasaman Barat. “Evakuasi jasad korban dilakukan oleh anggota Polsek Kinali dan jasad korban dibawa ke Puskesmas Kinali,” katanya.

Ia mengatakan, jasad korban langsung diserahkan Camat Kinali kepada Pemkab Agam melalui BPBD Agam. Selanjutnya pihaknya menyerahkan jasad korban kepada pihak keluarga untuk disema­yamkan. “Jasad korban langsung dibawa ke rumah duka untuk disemayam­kan,”katanya.

Ia menambahkan, korban dilaporkan hilang oleh pihak keluarga pada Senin (17/10). Pihak keluarga dan masyarakat sekitar telah mencari korban di sekitaran tempat biasa korban berada di Jorong Padang Koto Gadang, Nagari Salareh Aia, Kecamatan Palembayan.

Namun korban tidak kunjung ditemukan dan jasad korban ditemukan oleh warga di Sungai Batang Masang. “Keluarga dan warga sudah menelusuri sungai untuk mencari korban,” katanya.

Dengan kejadian itu, ia mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan saat berada di sungai, sehingga tidak menjadi korban tenggelam. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top