Menu

Matangkan DIK se-Kota Pariaman

  Dibaca : 34 kali
Matangkan DIK se-Kota Pariaman
Kepala Dinas Kominfo Kota Pariaman, Hendri saat menghadfiri suatu acara.

Pejabat Pengelola Informasi dan Doku­men­tasi (PPID) Utama Kota Pariaman matangkan Daf­tar Informasi Publik yang dikecualikan (DIK) dengan PPID Pembantu se Kota Pariaman.

Informasi yang dike­cualikan merupakan infor­masi yang tidak dapat diakses oleh pemohon informasi publik seba­gaimana dimaksud dalam Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

“DIK memiliki kon­se­kuen­si sebagai berikut : dapat mengungkapkan kekayaan alam indonesia, dapat menghambat pro­ses penegakan hukum, dapat mengganggu ke­pen­tingan perlindungan hak atas kekayaan intelek­tual dan perlindungan dari persaingan usaha, dapat membahayakan perta­hanan dan keamanan ne­gara proses penegakan hukum,” kata Kepala Di­nas Kominfo Kota Paria­man, Hendri yang juga selaku Pembina PPID Uta­ma Kota Pariaman, ke­marin.

Katanya, konsekuensi DIK ini juga dapat meru­gikan ketahanan ekonomi nasional, dapat merugi­kan kepentingan hubu­ngan luar negeri, dapat mengungkapkan isi data autentik yang bersifat pribadi dan kemauan ter­akhir ataupun wasiat sese­orang, dapat mengung­kapkan rahasia pribadi, memorandum atau surat-surat antar badan publik atau intra badan publik yang menurut sifatnya dirahasiakan kecuali atas putusan Komisi Informasi atau pengadilan dan in­formasi yang tidak boleh diungkap berdasarkan undang-undang.

Hendri juga sam­pai­kan, manfaat adanya DIK ini ialah informasi yang dikecualikan bersifat ra­hasia sesuai dengan un­dang-undang, kepatutan dan kepentingan umum yang didasarkan pada pengujian menyangkut konsekuensi yang timbul apabila suatu informasi dibuka.

“Setelah mem­pe­r­tim­­­bangkan dengan sek­­­sa­ma, bahwa dengan me­nu­tup informasi ter­se­but dapat melindungi kepen­tingan publik yang lebih besar dari pada membu­kanya ,” tandas­nya. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional