Close

Masyarakat Peserta JKSS Dinonaktifkan, Kontrak Kerja Sama Pemkab dengan BPJS Telah Berakhir

TIM PENILAI— Tim penilai yang diketuai Ketua Umum TP PKK Sumbar, Ny Harneli Bahar turun langsung melakukan penilaian kader Posyandu Wijaya Kusuma V Tanjung Paku di Kota Solok. Penilaian juga dihadiri Wali Kota Solok Zul Elfian.

SOLOK, METRO–Masyarakat Kabupaten Solok yang tercatat sebagai peserta Jaminan Kesehatan Sumbar Sakato  (JKSS) segmen Pekerja dan Bukan Penerima Upah  (PB­PU) Kabupaten Solok terpaksa dinonaktifkan sebagai peserta. Penonaktifan peserta JKSS ini me­nyusul berakhirnya kontrak kerjasama antara Pemerintah Kabupaten (Pem­kab) Solok dengan BPJS Kesehatan Cabang Solok terhitung tanggal 1 Oktober lalu.

Kepala Bidang SDM Umum dan Komunikasi Publik BPJS Cabang Solok Ilham mengatakan, memang terhitung tanggal 1 Oktober 2021 Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara BPJS Cabang Solok dengan Pemkab Solok telah berakhir. Dan surat pemberitahuan atas penonaktifan peserta JKSS yang didaf­tarkan Pemkab Solok su­dah disampaikan.

“Memang surat perjanjian kerjasama antara BPJS Cabang Solok dengan Pem­kab Solok terkait peserta JKSS yang didaftarkan Pem­kab Solok telah berakhir dan sampai saat ini belum diperpanjang atau belum ada surat perjanjian kerjasama yang baru,” ujar Ilham.

Sejumlah masyarakat Kabupaten Solok memang didaftarkan Pemkab Solok sebagai peserta Jaminan Kesehatan Sumbar Sakato (JKSS) segmen Pekerja dan Bukan Penerima Upah  (PB­PU) Kabupaten Solok. Kerjasama tersebut dituangkan dalam surat perjanjian kerjasama antara Pemkab Solok dengan BPJS Kesehatan Cabang Solok dan telah berjalan selama 9 bulan terhitung bulan Januari.

Langkah ini sebetulnya bentuk dukungan pemerintah daerah terhadap program nasional JKN-KIS dengan mendaftarkan ma­syarakatnya sebagai peserta. Namun bentuk kerjasama antara Pemkab Solok dengan BPJS Kesehatan cabang Solok telah berakhir dan belum ditindaklanjuti.

Menurut Ilham, belum adanya perpanjangan perjanjian kerjasama antara Pemkab Solok dengan BPJS Kesehatan Cabang Solok terkait kepesertaan ma­sya­rakat Kabupaten Solok dalam program JKSS lan­taran pemerintah daerah kabupaten solok tengah melakukan verifikasi dan validasi data kepesertaan.

Sementara, Kadis Kesehatan Kabupaten Solok Maryeti Marwezi ketika dikonfirmasi mengatakan, untuk saat ini Pemkab Solok tengah melakukan tahap verifikasi dan validasi data masyarakat yang a­kan didaftarkan sebagai peserta JKSS. Dan diharapkan tahap verifikasi dan validasi data ini cepat rampung sehingga kerjasama dengan pihak BPJS kembali terlaksana. “Tahap verifikasi dan validasi data kepesertaan program JKSS masih berjalan dan diharapkan segera rampung” u­jar Maryeti. (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top