Close

Masyarakat Keluhkan Penerangan Jalan Umum Minim di Kabupaten Sijunjung

MINIM JPU— Salah satu Penerangan Jalan Umum (PJU) yang ada di Jalan lintas Sumatera, tepatnya di Nagari Padang Sibusuk Kecamatan Kupitan sudah rusak.

SIJUNJUNG, METRO–Minimnya penerangan lampu jalan sering kali dikeluhkan ma­syarakat dan pengguna jalan di Kabupaten Sijunjung. Bahkan di sejumlah titik yang tersedia lampu penerangan jalan umum (PJU) banyak yang mati dan rusak. Keberadaan lampu penerangan jalan umum sangat diharapkan masyarakat terutama dalam mem­­berikan rasa keamanan dan ke­nyamanan saat berkendara. Se­perti yang dikeluhkan masyarakat Padang Sibusuk, Kecamatan Kupitan karena banyaknya lampu jalan yang mati.

Masyarakat berharap agar Pemkab Sijunjung melalui dinas terkait bisa segera memperbaiki lampu yang rusak, bahkan kalau bisa untuk ditambah jumlah titik keberadaan penerangan jalan umum (PJU).

”Kami berharap dinas terkait bisa segera memperbaiki lampu jalan yang mati, karena ada di beberapa titik yang tidak hidup lagi. Baik itu di jalan lintas termasuk jalan ke pemukiman warga. Kondisi yang demikian malah menimbulkan kerawanan, sehingga mempengaruhi kenyamanan pengguna jalan,” tutur Vera (42) warga Padang Sibusuk, kemarin.

Kondisi lampu jalan yang tidak berfungsi itu, lanjutnya, sudah berlangsung lama. ”Lampu jalan ini sangat dirasakan manfaatnya, terutama dalam memberikan kenyamanan dan keamanan warga serta para pengguna jalan yang berkendara,” ucap Vera.

Pihaknya berharap agar dinas terkait bisa segera memperbaiki demi kenyamanan bersama. ”Kita berharap lampu jalan ini bisa se­gera diperbaiki. Khususnya yang ada di Nagari Padang Sibusuk, jangan sampai kondisi jalan yang minim penerangan malah me­micu terjadinya gangguan Kamtibmas,” harap Vera.

Di sisi lain, pemerintah nagari setempat juga sudah menyurati Dinas Perhubungan Kabupaten Sijunjung untuk melakukan pe­ngecekan dan perbaikan penerangan jalan umum (PJU) yang tidak berfungsi di Nagari Padang Sibusuk.

Hal itu disampaikan Walinagari, Aprizaldi yang juga sudah melakukan pendataan. ”Kita su­dah lakukan pendataan, ada sekitar kurang lebih 50 titik yang tidak berfungsi. Kita juga sudah mela­yangkan surat ke dinas terkait agar dilakukan perbaikan, rencananya dalam minggu ini akan turun,” terangnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sijunjung, Bobby Roes­pandi mengatakan, terkait PJU yang tidak berfungsi sudah dilakukan pembahasan internal dan akan segera diperbaiki.

”Dalam waktu dekat kita akan turun langsung ke lokasi untuk melakukan pengecekan, serta perbaikan lampu jalan yang tidak berfungsi,” kata Bobby.

Bobby juga menambahkan bahwa saat ini pihaknya menga­lami kendala terkait biaya perawatan atau pemeliharaan rutin PJU tersebut. ”Meski terkendala biaya pemeliharaan, kita akan berupaya untuk memperbaiki lampu jalan yang mati tersebut, namun jika mengalami kerusakan berat yang membutuhkan biaya besar tentunya memerlukan waktu untuk memperbaikinya,” ujar Bobby. (ndo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top