Close

Masyarakat Diimbau Tetap Disiplin Prokes & Segerakan Vaksinasi, Gelombang Covid ke-3 Mengintai

WASPADA—Tetap waspada dan disiplin protokol kesehatan meski terjadi penurunan kasus Covid-19.

JAKARTA, METRO–Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengingatkan masyarakat agar tetap menjalankan protokol kesehatan dan menyegerakan vaksinasi di masa Pemberlakuan Pemba­tasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Hal itu disampaikan Johnny mengingat risiko munculnya gelombang ke-3 pandemi masih mengintai, meski situasi penanganan COVID-19 di Indonesia terus menunjukkan tren perbaikan.  “Te­­tap disiplin pro­to­kol kesehatan dan percepat vak­si­na­si untuk me­ng­an­­ti­sipasi ge­lom­bang ke-3 COVID-19,” ujar Joh­ny, Selasa (28/9).

Menkominfo Johnny menjelaskan hasil evaluasi PPKM selama sepekan terakhir hingga 26 September 2021 menunjukkan perbaikan. Sebagai contoh, di Jawa dan Bali, terdapat tiga kabupaten/kota yang dapat turun dari level 3 ke 2, dan 1 kota.

Salah satunya adalah kota Blitar yang mengalami penurunan level PPKM karena cakupan vaksinasi mencapai 92% dan tingkat kasus COVID-19 terus membaik.

Adapun, dari 10 kabupaten/kota di luar Jawa dan Bali yang menerapkan PPKM level 4, terdapat 2 kab/kota yang dapat turun ke level 2, yakni Banjarmasin dan Kutai Kartanegara. Selain itu terdapat 7 kabupaten/kota ke level 3. Tercatat hanya ada 1 kab/kota yang masih di level 4, yakni Kabupaten Bangka. “Update status resmi level PPKM di tiap daerah tetap disampaikan 4 Oktober 2021, sesuai skenario awalnya. Dan update status PPKM disampaikan per 2 pekan, evaluasinya tetap per pekan,” kata Johnny.

Selain itu, angka kasus harian nasional kini berada di angka 1.760 kasus atau turun 96% dari puncaknya pada 15 Juli 2021 yang mencapai 56.757 kasus. Saat ini, jumlah kasus aktif nasional adalah 42.769 kasus, atau turun 92,6% dari puncaknya pada 24 Juli 2021 sebanyak 574.135 kasus aktif.

“Positivity rate nasional 7 hari terakhir berada di bawah 1% dengan jumlah rata-rata orang yang ditesting mencapai 170 ribu hari,” tutur dia.

Oleh karena itu, pemerintah meminta semua daerah dapat memaksimalkan seluruh instrumen yang ada untuk mengoptimalkan penanganan COVID-19, agar level PPKM di daerah masing-masing dapat diturunkan.  “Selain itu, kuncinya tetap diperkuat vaksinasi dengan target nasional 2,3 – 2,5 juta suntikan per hari dan disiplin menerapkan protokol kesehatan,” sebut Johnny.(chi/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top