Menu

Masuk Hotel dengan Panjat Pohon, Napi Asimilasi Nyamar jadi Pengunjung lalu Mencuri

  Dibaca : 998 kali
Masuk Hotel dengan Panjat Pohon, Napi Asimilasi Nyamar jadi Pengunjung lalu Mencuri
NAPI ASIMILASI DITANGKAP— Riki Surya (25) yang berstatus napi asimilasi kembali ditangkap Satreskrim Polresta Padang atas kasus pencurian Hp milik karyawan hotel.

PADANG, METRO
Residivis kasus pencurian Riki Surya (25) yang baru bebas pada bulan Maret 2020 melalui program asimilasi mencegah penyebaran Covid-19 kembali berulah. Lagi-lagi Tidak hanya sekali, pelaku yang merupakan warga Lolong, Kecamatan Padang Barat ini ditangkap atas kasus pencurian di dua lokasi berbeda.

Pelaku ditingkus tim opsnal Satreskrim Polresta Padang Senin (15/6) sekitar pukul 20.30 WIB di daerah Lolong, Kecamatan Padang Barat, dengan cara memancing pelaku untuk menjual barang curiannya kepada polisi yang berpura-pura menjadi pembeli.

Namun saat bertemu, pelaku mengetahui kalau calon pembelinya merupakan polisi yang menyamar. Pelaku pun berusaha melarikan diri, sehingga tembakan peringatan terpaksa diberikan agar pelaku tidak jauh kabur dari kejaran petugas.

Kasatreskrim Polresta Padang Kompol Rico Fernanda mengatakan, pelaku diringkus setelah aksi pencurian yang dilakukannya pada Jumat (5/6) yang lalu di Hotel Lavender Kelurahan Berok Nipah, Kecamatan Padang Barat terekam kamera pengintai (CCTV) hotel.

“Dalam rekaman CCTV tersebut terlihat pelaku masuk ke dalam hotel dengan cara memanjat pohon yang berada di depan hotel dan masuk ke lantai dua. Setelah itu pelaku turun ke lobi hotel dan kemudian mengambil satu unit Hp milik karyawan yang ditaruh di meja respsionis,” kata Kompol Rico,

Ditambahkan Kompol Rico, setelah mendapatkan Hp tersebut, pelaku langsung melarikan diri dari hotel. Korban yang kaget Hp miliknya telah raib langsung melaporkan kejadian ini ke Polresta Padang. Bermodalkan keterangn saksi dan rekaman CCTV hotel akhirnya pelaku bisa dilacak dan ditangkap.

“Jadi, dari rekaman CCTV itulah terungkap kalau yang mencuri di hotel itu adalah pelaku. Setelah mengantongi identitasnya, kita kemudian melacak keberadaan pelaku dengan cara menyamar sebagai pembeli Hp yang dicuri pelaku. Setelah bertemu, langsung ditangkap,” jelas Kompol Rico.

Dijelaskan Kompol Rico, selain mencuri di Hotel Lavender, pelaku juga melakukan pencurian di mushala Hotel Autentic, Kelurahan Kampung Pondok Rabu (10/6) yang lalu. Di sana, pelaku yang dikenal dengan panggilan Riki Botak ini mengambil Hp merek Oppo A5s warna hitam milik korbannya disaat korban tertidur di dalam mushala.

“Saat ini pelaku telah mendekam disel tahanan Polresta Padang guna mempertanggungjawabkan perbuatannya di mata hukum. Untuk pelaku sendiri bisa dikenakan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara,” pungkas Kompol Rico. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional