Menu

Masuk Agenda Musrenbang sejak 2017, Jalan Padang Toboh- Korong Hilalang tak Kunjung Diaspal

  Dibaca : 54 kali
Masuk Agenda Musrenbang sejak 2017, Jalan Padang Toboh- Korong Hilalang tak Kunjung Diaspal
PEMBERSIHAN— Polisi dibantu dengan warga sekitar melakukan pembersihan material pohon tumbang yang menutupi badan jalan. (plfa musriadi/posmetro)

PADANGPARIAMAN, METRO – Keinginan masyarakat untuk pengaspalan jalan penghubung Korong Padang Toboh dengan Korong Hilalang Gadang di Kenagarian Paritmalintang, Kecamatan Enam Lingkung, Kabupaten Padangpariaman tahun ini nampaknya gagal lagi. Pasalnya, tahun anggaran 2019, sudah mulai habis, akan tetapi jalan terbesebut belum juga diaspal. Padahal sejak tahun 2017 pengaspalan jalan tersebut sudah masuk dalam agenda musrenbang.

Begitu lama masyarakat menunggu dan menanti kapan jalan tersebut diaspal Pemkab Padangpariaman. Bahkan informasinya pengaspalan jalan tersebut telah masuk dalam anggaran Pemkab Padangpariaman tahun 2019. Namun kenyataannya sampai sekarang belum ada tanda-tnda jalan itu bakal diaspal.

Ironisnya, masyarakat Kenagarian bersama Pemerintah Nagari Paritmalintang telah memasukan dalam musrenbang tingkat nagari semenjak tahun 2017. Bahkan berbagai usulan pengaspalan jalan dalam Nagari Paritmalintang telah disetujui Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni.

Ketika persoalan tersebut disampaikan Kepada Kepala Dinas PU Padangpariaman Deni Irawan mengaku, kalau pengaspalan jalan tersebut telah masuk tahap lelang tahun 2019.

“Saat ini lagi menunggu pemenang tender, tunggulah pasti diaspal,” katanya.

Mendengar ucapan Kepala Dinas PU tersebut, Walinagari Paritmalintang H Syamsuardi dan masyarakat sangat gembira tentang jalan Padang Toboh menuju Hilalang Gadang tersebut telah masuk dalam proses lelang dan kini menunggu pemenang tender.

“Kita sangat berharap jalan tersebut diaspal tahun ini, karena kondisi jalan sangat dibutuhkan masyarakat. Lihat saja setiap hari sekarang anak-anak sekolah dan para petani serta masyarakat sangat sulit untuk melewati jalan itu, karena itulah satu-satunya jalan yang bisa mereka tempuh,” ujarnya.

Bahkan Wali Nagari Paritmalintang sangat mengapresiasi Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni terkait pengaspalan ruas jalan menuju Korong Padang Toboh menuju Hilalang gadang yang terletak tidak jauh dari Komplek Kantor Bupati.

Pasalnya, seperti ditegaskan Bupati Ali Mukhni kepada pihaknya baru-baru ini, bahwa Pemkab Padangpariaman berencana bakal melanjutkan program pengaspalan jalan menuju korong Padang Toboh – Hilalang Gadang pada tahun 2020 mendatang.

“Bahkan untuk tahap awal tahun 2019 ini, akan didahului dengan pengerasan ruas jalan sepanjang lebih kurang 1 KM, barulah pada tahun berikutnya, akan dilanjutkan dengan pengaspalan atau hotmix,” terang Syamsuardi.

Pihaknya bersama masyarakat Paritmalintang sebut, khususnya warga Korong Padang Toboh dan Hilalang Gadang jelas sangat menyambut gembira program pengaspalan jalan ini, karena bagaimanapun ruas jalan tersebut merupakan sarana yang sangat fital untuk menuju korong HiIlalang Gadang maupun jalan lingkar yang terdapat di sekitar komplek Kantor Bupati Padangpariaman

Dengan alasan itu, pihaknya dari pemerintahan nagari saat ini juga tengah berupaya membenahi ruas jalan tersebut. Salah satunya dengan melanjutkan program rabat beton di kawasan itu.

“Karena saat musim penghujan kondisi ruas jalan di kawasan itu sering mengalami becek serta licin dilewati. Makanya sebagai langkah antisipasi sementara kita memutuskan untuk bergoro sembari membersihkan ruas jalan tersebut, sekaligus melanjutkan dengan program rabat beton,” imbuhnya.

Seperti diketahui tegas walinagari yang tercatat satu almamater dengan wartawan senior Karni Ilyas ini, sejumlah titik ruas jalan di kawasan Korong Padang Toboh kondisinya memang cukup memprihatinkan, disebabkan karena ditumbuhi rerumputan.

“Karena itulah kita dari nagari akhirnya mengambil keputusan untuk membersihkannya secara bersama-sama dengan warga, sekaligus kita juga melanjutkan program rabat beton guna mengatasi licinnya medan ruas jalan di kawasan itu,” terangnya mengakhiri.(efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional