Menu

Masjid sebagai Pusat Pembinaan dan Pengembangan Umat

  Dibaca : 103 kali
Masjid sebagai Pusat Pembinaan dan Pengembangan Umat
Bupati Solok, Gusmal

SOLOK, METRO
Sebagai ujung tombak bagi pemerintah untuk mengajak masyarakat menggiatkan program keagamaan seperti subuh berjamaah dan maghrib Alquran, Pengurus Masjid, Khatib dan Imam masjid yang tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Solok harus bekerja secara maksimal untuk menyampaikan pengetahuan agama ke masyarakat.

Bupati Solok, Gusmal menyebut masjid berfungsi sebagai pusat pembinaan dan pengembangan umat, tentu saja memerlukan adanya imam atau pemimpin. Imam masjid juga memiliki peran sebagai pemersatu umat islam, menghidupkan semangat musyawarah, membentengi aqidah umat, menjadi uswah bagi jamaahnya, menjadi rujukan dalam masalah keislaman dan membangun solidaritas jamaah.

”Para imam jangan hanya sekadar menjadi imam saja. Tetapi diharapkan menjadi imam percontohan dan teladan bagi masyarakat di sekitar tempat tinggal,” katanya.

Lalu Gusmal menyebut, Pemkab Solok mempunyai program subuh berjamaah yang telah di canangkan sejak 3 tahun lalu. Para imam diminta harus juga menguasai Al-Quran secara penuh sehingga bisa menjadi rujukan bagi masyarakat yang ingin bertanya.

”Dengan program magrib mengaji dan subuh berjamaah ini, kita tanam kan kembali ilmu agama dan kita ramaikan kembali masjid dan surau, agar anak kita memiliki benteng dalam diri mereka, agar terhindar dari hal negatif,” katanya.

Program subuh mengaji Magrib Alquran adalah untuk menyemarakan kembali antusiasme warga agar kembali memadati tempat beribadah yang memang telah banyak hilang, umumnya penghuni tempat ibadah tersebut didominasi para lansia.

”Kalau subuhnya ramai dan anak-anak mengaji selepas magrib banyak, dapat kita bayangkan, betapa semaraknya tempat ibadah dan kegiataam keagamaan. Ia ingin di masa kepemimpinan saya ada peningkatan Aqidah umat, maka dari itu saya meminta bantuan kepada para imam  masjid.

”Saat ini kita tengah berada dalam masa pandemi covid-19, banyak masyarakat kita yang terpapar Virus tersebut, oleh sebab itu, Gusmal mengajak masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dan kepada para imam masjid dan khatib untuk turut mensosialisasikan di tengah masyarakat di nagari masing-masing,” ujarnya.

Bupati berpesan kepada seluruh stakeholder yang ada, jangan sampai masjid ini hanya digunakan untuk tempat ibadah saja, tetapi dipergunakan juga untuk musyawarah, kegiatan pendidikan dan ekonomi masyarakat. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional