Close

Masih PPKM Level IV, Pembelajaran Tatap Muka di Padang Ditunda hingga 18 Oktober

ditunda lagi— Siswa-siswi di Kota Padang harus bersabar lagi. Pasalnya, baru satu hari mencicipi belajar tatap muka di sekolah, Rabu (6/10) Pemerintah Kota (Pemko) Padang memutuskan untuk menunda lagi proses Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di semua sekolah. Gambar, Suasana PTM terbatas di SDN 13 Seberang Padang, Senin (4/10) lalu.

PADANG, METRO–Pemerintah Kota (Pemko) Padang memutuskan untuk me­nunda proses Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di semua sekolah mulai hari ini Rabu (6/10) hingga 18 Oktober men­datang.  Hal itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang nomor: 421.1//Dikbud/Diknas.01/2021.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang, Habibul Fuadi mengatakan, penundaan dilakukan karena Kota Padang masih ber­status Pemberlakuan Pem­batasan Kegiatan Masya­rakat  (PPKM) Level 4 hing­ga 18 Oktober men­datang.

Habibul Fuadi
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang.

“Kita tunda mengambil ke­putusan ini sampai Kota Pa­dang tidak PPKM Level 4 lagi. Penundaan juga menind­ak­lanjuti Insruksi Menteri Dalam Negeri No­mor 48 Tahun 2021, Kota Padang masih pada Level 4,” kata Habibul melalui telepon selulernya, Selasa (5/10).

Habibul menyebutkan, pi­haknya sudah membuat surat edaran terkait pe­nundaan PTM yang  dite­rus­kan ke seluruh sekolah di Kota Padang. Dalam SE tersebut, poin pertama, terhitung mulai tanggal 6 Okto­ber sampai dengan tanggal 18 Oktober, ke­giatan pem­belajaran dilak­sanakan secara daring atau online.

“Pada poin kedua, jika siswa mengalami kesulitan belajar selama pembe­lajaran daring atau online, sekolah bisa melayani sis­wa untuk hadir di sekolah dalam rangka pelayanan konsultasi dan bimbingan belajar. Dalam hal ini, se­kolah mengatur jadwal pertemuan dengan tetap menerapkan prokes,” ung­kap Habibul.

Ditambahkan Habibul, pada poin ketiga, dalam hal pembelajaran tatap muka kembali dilaksanakan, ma­ka sekolah harus memper­siapkan sarana dan prasa­rana prokes. Selanjutnya, melakukan vaksinasi kepa­da siswa yang sudah be­rusia 12 tahun.

“Syarat selanjutnya, pen­didik dan tenaga ke­pen­didi­kan yang belum divak­sin agar dapat mela­kukan vaksi­nasi. Terakhir, berkoordinasi dengan Pus­kesmas terdekat untuk pelaksanaan vaksi­nasi,” pungkas Habibul.

Sebelumnya, PTM telah digelar di Kota Padang sejak dua hari lalu, Senin (3/10). PTM diterapkan oleh se­luruh tingkatan sekolah de­ngan menerapkan pro­tokol kesehatan. Kepu­tusan untuk memberla­kukan PTM di se­kolah di­am­bil Pemko Pa­dang lan­taran telah yakin bahwa Kota Padang akan turun level PPKM.

Namun berdasarkan keputusan Pemerintah Pu­s­at, Kota Padang masih berada pada PPKM Level 4. Alasan Pusat mem­per­panjang PPKM Level 4 di Kota Padang karena ada­nya peningkatan kasus dan capaian vaksinasi yang belum maksimal. (ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top