Close

Masalah Stunting Masih Butuh Perhatian

Masalah Stunting Masih Butuh Perhatian

SIJUNJUNG, METRO
Upaya untuk menekan angka stunting di Kabupaten Sijunjung terus dilakukan. Di mana Sijunjung merupakan salah satu daerah yang menjadi perhatian penanganan penurunan stunting di Provinsi Sumbar. Kepala Dinas Kesehatan Sijunjung, drg Ezwandra mengatakan, seluruh pihak perlu dibekali pengetahuan, sikap dan kebijakan dalam rangka percepatan penurunan stunting khususnya di Sijunjung. “Saat ini angka stunting di sijunjung 23,4 persen, kita juga berharap sama dengan target Nasional pada tahun 2024 target penurunan stunting menjadi 14 persen,” ujar drg Ezwandra.

Dijelaskannya, hal itu juga sebagai tindak lanjut surat dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat Nomor 444/602/Kesmas.1/III/2021, Dinas Kesehatan Sijunjung menggelar Pertemuan Koordinasi Penanganan Stunting di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat, Senin (29/3).

Selama kegiatan para peserta mendapatkan materi dari Dinas Kesehatan, BKKBN, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Sumbar serta Kadis Kesehatan Sijunjung dan Bapppeda Sijunjung.

Program tersebut merupakan kegiatan yang meneruskan agenda program pemerintah diantaranya program kesehatan. “Ini tidak bisa dilakukan secara parsial, program ini adalah tanggung jawab berbagai pihak termasuk masyarakat. Yang menjadi sorotan adalah sebaran balita kurang gizi, proporsi balita pendek, status gizi anak serta tingkat kematian ibu. Agar tujuan bisa tercapai, maka diperlukan peran kita bersama dengan melibatkan lintas program dan lintas sektor sehingga masalah gizi dapat teratasi,” ujar drg Ezwandra.

Sedangkan, lokus stunting di Kabupaten Sijunjung yaitu Air Amo, Kamang, Tanjung Gadang, Lubuk Tarok, Sijunjung, Muaro Bodi, Padang Sibusuk, Sumpur Kudus dan Padang Laweh.

Kegiatan itu juga dihadiri sejumlah OPD diantaranya, Bapppeda, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari, Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, DinasPangan dan Perikanan, Dinas PU dan Penataan Ruang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Dinas Komunikasi dan Informatika Sijunjung. (ndo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top