Close

Masalah Kemiskinan harus jadi Perhatian Serius di Kota Solok

RAPAT--Wawako Solok Rahmadhani Kirana Putra memimpin rapat dalam penanggulangan masalah kemiskinan di Kota Solok.

SOLOK, METRO–Kemiskinan masih menjadi persoalan yang harus men­dapatkan perhatian serius. Dan berbagai program yang dilahirkan pemerintah hen­daknya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menakan angka kemiskinan.

Menurut Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra, program penanggulangan kemiskinan merupakan kegiatan yang dilakukan pemerintah pusat, pemerintah daerah, dunia usaha, serta masya­rakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dan upaya menekan angka kemiskinan terus diupayakan melalui bantuan sosial, pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan usaha ekonomi mikro dan kecil, serta program lain dalam rangka meningkatkan kegiatan ekonomi.

Guna menyusun perencanaan penanggulangan kemiskinan Pemerintah Kota (Pemko)  Solok menurutnya telah melaksanakan Rapat Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) tahun 2021. Dan diharapkan akan lahir berbagai strategi dan langkah dalam melahirkan program guna menekan angka kemiskinan di Kota Solok.

TKPKD ini lanjutnya perlu ditindaklanjuti sesuai dengan implementasi Permendagri nomor 53 tahun 2020 tentang tata kerja dan penyelarasan kerja serta pembinaan kelembagaan dan sumber daya manusia Tim koordinasi kemiskinan provinsi dan kabupaten dan kota.

“Ini merupakan wujud perhatian kita Pemko Solok dalam pengentasan kemiskinan, ini tugas kita menekan angka kemiskinan di Kota Solok, saya berharap kepada OPD terkait bagaimana program program di pemerintah daerah semuanya bermuara ke pengentasan kemiskinan “ jelas Ramadhani.

Ramadhani menambahkan, TKPKD harus bersinergi dan terus berkelanjutan agar kinerja dalam penanggulangan kemiskinan dapat diapli­kasikan dan dirasakan oleh masyarakat. Dalam hal ini, lanjutnya penguatan peran, tugas dan fungsi dari TKPKD menjadi sebuah hal yang harus te­rus diupayakan.

Tujuannya agar proses penanggulangan kemiskinan di daerah khususnya Kota Solok dapat berjalan sesuai proses yang diharapkan. Keberhasilan penanggulangan kemiskinan sangat ditentukan oleh keterlibatan seluruh perangkat daerah. Terkait pemangku kepentingan  lainnya dalam melaksanakan program kegiatan yang terpadu dan terintegrasi harus menjadi perhatian.

“Harapannya, program/kegiatan yang dilaksanakan bukan hanya secara pragmatis namun benar-benar me­ngentaskan masyarakat kita dari kemiskinan secara berkelanjutan. dan yang paling penting harus betul-betul dilaksanakan dengan baik dan ha­rus tepat sasaran. Sehingga tujuan untuk percepatan penanggulangan kemiskinan dapat terrealisasikan,” tegas Ramadhani. (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top