Close

Masa Tanggap Darurat 14 Hari Gempa Pasaman Diakhiri

RAPAT— Pemda Pasaman saat melaksanakan rapat gabungan.

PASAMAN, METRO–Masa tanggap darurat 14 hari Bencana gempa bumi Pasaman resmi diakhiri pada tanggal 10 Ma­ret 2022 kemarin.

Penghentian masa tang­gap darurat diputuskan dalam rapat gabungan dipimpin Bupati Pasaman Benny Utama.

Rapat berjalan alot hingga tengah malam. Berbagai argumen dan pertimbangan disampaikan, terutama menyang­kut kesiapan pengungsi dengan dihentikannya suplay makanan dari dapur-dapur umum, konsekuensi berakhirnya masa tanggap darurat.

Komandan Komando Tanggap Darurat Dandim 0305 Pasaman me­ngusulkan, masa tanggap darurat dihentikan, dan dilanjutkan tahap transisi da­rurat menuju pemulihan.

“Tahap transisi ini ma­sanya lebih panjang, bisa tiga bulan, dan di tahap ini secara berangsur-angsur pengungsi dipulangkan ke rumahnya, dan bagi yang rumahnya rusak berat dibuatkan terlebih dahuu hunian sementara” kata Dandim Letkol. Kav. Hery Bakty.

Sementara itu Bupati Pasaman, Benny Utama saat rapat mengingatkan, stok bahan makanan di gudang posko induk harus dipastikan tersedia, mengingat masa pemulihan berlangsung panjang dan lama.

“Pemda harus punya dana cadangan, untuk antisipasi habisnya stok bahan kebutuhan pokok di gudang-gudang logistik bantuan yang ada saat ini,” kata Benny.

Data terakhir posko Media Center Tanggap darurat merilis, sedikitnya terdapat hampir 6000 o­rang mengungsi, 2022 rumah rusak serta hancur, termasuk 32 se­kolah, fasi­litas Kesehatan, tempat ibadah, fasi­litas umum dan lahan usaha ekonomi masya­ra­kat porak poranda di gun­cang gempa yang dibarengi ‘galodo’’ dahsyat di Kabupaten Pa­saman pada Jumat (25/2) pekan lalu.

Daerah terparah terdampak gempa, adalah Nagari Malampah, Kecamatan Tiga Nagari, de­ngan 14 orang meninggal dunia dan ratusan rumah hancur, yang sebagian besarnya rata dengan tanah.

Turut diingatkan Bupati Pasaman, pemulihan traumatik warga terdampak gempa perlu terus dilakukan melalui berbagai program, mengingat ma­sya­rakat harus kembali ke hunian tetap mereka, dan akan menjalani hidup normal kembali.

Bagaimana meka­nis­me dan pola kerja Satuan tugas Masa Tran­sisi Darurat menuju pemulihan gempa bumi Pasaman harus berjalan ba­ik dan maksimal. (mir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top