Menu

Masa Pandemi, Volume Sampah Berkurang

  Dibaca : 124 kali
Masa Pandemi, Volume Sampah Berkurang
BERSIHKAN SAMPAH— DLH Kota Padang melakukan pembersihan sampah di TPS Jirek Ujung Tanah, Kelurahan Gurunlaweh, Kecamatan Lubukbegalung dengan menggunakan alat berat.

BALAIBARU, METRO
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang, Mairizon mengatakan, jumlah sampah warga selama pandemi Covid-19 berkurang dari pada kondisi normal. Namun masyarakat buang sampah sembarangan masih banyak.

“Itulah yang kita sesalkan. Jumlah volume sampah berkurang, yang buang sampah sembarangan masih banyak juga,” ujar Mairizon.

Ia menambahkan, saat ini volume sampah setiap harinya di Kota Padang cuma sekitar 400-450 ton. Pada kondisi sebelum Covid-19 bisa sampai 500-600 ton per hari. Sampah ada yang ditumpuk ke kontainer atau TPS. Tapi ada juga yang dibuang sembarangan sehingga membentuk tempat pembungan sampah (TPS-TPS) liar.

Seperti kemarin, terang Mairizon, petugas DLH terpaksa harus meminjam alat berat untuk mengangkut sampah yang dibuang masyarakat TPS liar di Ujung Tanah. Selain di sana, beberapa tempat lainnya juga kerap dijadikan tempat pembuangan sampah. Seperti di dekat UPI, Jalan AR Hakim dan titik lainnya. Bahkan petugas sengaja disiapkan di lokasi tersebut untuk melarang masyarakat membuang sampah di sana.

“Terpaksa ada petugas yang kita jagakan di sana. Karena masyarakat buang sampah sembarangan,” sebut Mairizon.

Saat ini, ada sebanyak 139 titik TPS tersebar di Kota Padang. Warga diwajibkan membuang sampah di TPS mulai pukul 17.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB. Untuk mengangkut sampah-sampah tersebut, DLH menggunakan mobil sweeper, truck, kontainer, becak motor, mesin pencacah kompos, mesin steam, bank sampah, excavator, bulldozer, perahu pengangkut sampah, dan alat angkut lainnya.

“Satu kontainer mampu mengangkut 7 meter kubik sampah. Dalam sehari, potensi timbulan sampah mencapai 1.940,85 meter kubik,” tukasnya. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional