Close

Masa Pandemi, UMKM Perlu Digiatkan di Padangpariaman

Bupati Padangpariaman Suhatri Bur menyatakan UMKM perlu terus digeliatkan terlebih pada masa pandemi covid-19.

PDG.PRIAMAN, METRO–Bupati Padangpariaman Suhatri Bur menyatakan UMKM perlu terus digeliatkan terlebih pada masa pandemi covid-19. “Semua itu penting agar tumbuhnya perekonomian dan untuk mewujudkan kesejahteraan masya­ra­kat,” kata Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin.

Katanya, dengan mulai menggeliatnya kembali U­M­KM yang ada, ini merupakan langkah baik untuk me­nun­jang perekonomian di Ka­bupaten Padangpariaman.

Di samping itu katanya, hal tersebut juga menunjang visi misi Bupati yak­ninya mewujudkan Padangpariaman berjaya yang salah satunya adalah deng­an menghidupkan UMKM yang ada.

Ia juga menambahkan dengan menggeliatnya kembali UMKM, juga berguna untuk mensejahterakan masyarakat, sehingga perlu kiranya di era pandemi covid-19 ini perlu digerakkan kembali untuk dapat berproduksi dan ber­kembang dan secara langsung meningkatkan pere­konomian di Padangpariaman.

Bupati berharap deng­an meningkatnya perekonomian akan berdampak kepada kemajuan daerah yang tidak terlepas dari peningkatan Produk Domestik Regional Bruto (PD­RB) dengan tumbuhnya UMKM.

Ketua Dekranasda Ka­bu­paten Padangpariaman Yusrita Suhatri Bur mengatakan berdasarkan data BPUM jumlah pelaku UM­KM di Kabupaten Padangpariaman sebanyak 4.851 yang tersebar di 17 Kecamatan dan 103 Nagari yang berkiprah dalam bidang usaha kerajinan.

“Pada kondisi saat ini kita masih diera pandemi Covid-19 yang sangat berdampak terhadap perekonomian, namun ini tidak menyurutkan langkah kami atas nama Dekranasda Padangpariaman terus be­rupaya mengembangkan kerajinan di daerah Kabupaten Padangpariaman agar berjaya di masa de­pan, oleh karena itu dalam kegiatan pembinaan temu bisnis UMKM ini disamping pembinaan dalam pe­ngem­bangan usaha UMKM , besar harapan kami se­kiranya pelaku usaha kami dapat memenuhi kualifikasi menjadi peserta temu bisnis ke Pekanbaru yang difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Sumatra Barat dan Dekranasda Sumatra Barat agar produk usaha kerajinan Padangpariaman dapat menjadi peserta temu bisnis ke Pekanbaru hingga dibawa ke kan­cah Nasional dan Internasional,” ujarnya.

Senada dengan itu Ketua Dekranasda Provinsi Sumatra Barat Hj. Harneli Mahyeldi dalam sambutannya mengatakan para pengrajin untuk saat ini pasti menginginkan ba­nyak bazar, karena bazar merupakan kesempatan besar bagi para pelaku UMKM untuk mempromosikan produknya dimana pa­sarannya dapat lebih luas

“Kami juga meminta kepada pelaku UMKM agar dapat memanfaatkan peluang yang ada, terutama pada saat ini agar dapat memanfaatkan teknologi dan diharuskan para pela­ku UMKM agar melek tek­nologi sehingga dapat mem­promosikan produk­nya secara luas dan memasarkan secara online,” ungkapya. Ia juga menambahkan semoga produk UMKM dari Padangpariaman terpilih identifikasi menjadi peserta temu bisnis ke Pekanbaru hingga di bawah  kancah Nasional dan Internasional, oleh karenanya perlu peningkatan produk baik itu dalam produksi barang hingga pengemasan yang menarik. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top