Menu

”Marandang” Antisipasi Jeratan Rentenir di  Ranah Minang

  Dibaca : 79 kali
”Marandang” Antisipasi Jeratan Rentenir di  Ranah Minang
PROGRAM BARU— Wali Kota Bukittinggi Erman Safar menghadiri peluncuran program Bank Nagari untuk antisipasi jeratan rentenir dengan ”Melawan Rentenir di Ranah Minang” (Marandang).

BUKITTINGGI, METRO–Masyarakat Sumbar, khu­susnya Bukittinggi tidak dapat dipungkiri banyak yang terjerat dengan ren­tenir. Untuk mengan­tisipasi itu, Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sumbar atau Bank Nagari meluncurkan program Melawan Ren­tenir di Ranah Minang (Ma­ran­dang).

Kepala Bank Nagari Cabang Bukittinggi Tasman menjelaskan, sejak dulu banyak warga yang men­cari nafkah dengan ban­tuan rentenir. Bahkan, tidak sedikit pula yang akhirnya “tapakiak” dengan bunga yang harus dib­­a­yar­kan kepada sang rentenir, apa­lagi di masa pandemi se­perti sekarang ini.

“Untuk melawan itu Bank Nagari, menyusun program “marandang” Me­lawan Ren­tenir di Ra­nah Minang. Maran­dang ini, tujuannya memang untuk meringankan beban ma­sya­rakat dalam meng­gunakan fasilitas Kredit Usaha Ringan (KUR) dan Kredit Peduli Usaha Mikro (KPUM),” jelas Tasman.

Marandang (Melawan Ren­tenir di Ranah Minang) ini meru­pakan program KUR super mi­kro yaitu me­ru­pakan salah satu upaya pemerintah untuk mem­bantu perekonomian usa­ha mikro, terlebih lagi saat pandemi Covid-19. Program ini juga di­proses dengan cepat dan syarat yang mudah.

Program Marandang ini, juga telah mendapat support luar biasa dari Pemerintah Kota Bukit­tinggi. Secara garis besar, Pemko mengucapkan te­rima kasih dan apresiasi yang tinggi untuk Bank Nagari atas Program Mara­dang sebagai solusi dalam membangkitkan UMKM yang terjerat Rentenier, apalagi di masa Pandemi Covid -19 ini.

“Insya Allah untuk Bukit­tinggi akan kita launching dalam waktu dekat,” pungkasnya di­sela-sela acara penyerahan zakat dari Baznas di Balairung rumah dinas Wali Kota, Rabu (1/9) lalu. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional