Menu

Mantan Wako dan Bupati Solok Syamsu Rahim Ramaikan Bacalon Gubernur Sumbar

  Dibaca : 91 kali
Mantan Wako dan Bupati Solok Syamsu Rahim Ramaikan Bacalon Gubernur Sumbar
RAMAIKAN—Syamsu Rahim disebut-sebut ikut semarakan kancah Pilgub Sumbar 2020.

SOLOK, METRO – Obrolan politik seputar suksesi pemilihan gubernur, terus menyeruak di tengah-tengah masyarakat. Membedah sejumlah sosok yang telah mengapung namanya dan disebut sebut siap maju sebagai calon gubenur pada pemilihan gubernur mendatang, seakan menjadi obrolan menarik bagi banyak kalangan masyarakat.

Sejumlah nama memang sudah terlihat terang terangan tampil sebagai calon gubernur melalui sejumlah baliho yang terpasang. Namun, juga ada sejumlah nama lainnya yang diapungkan masyarakat dan disebut sebut memiliki potensi untuk ikut dalam kancah suksesi pemilihan gubernur Sumbar.

Di antara sejumlah tokoh yang disebut-sebut akan maju dalam pemilihan gubernur, sosok Syamsu Rahim ikut terseret dan diperbincangkan. Bahkan Syamsu Rahim yang telah melalui 3 dimensi “kehidupan” sebelum terjun didunia politik yakni tumbuh di kalangan akademik sebagai dosen di APDN Bukittinggi. Serta menggeluti dunia birokrasi, dinilai sebagai sosok yang ideal memimpin masyarakat Sumatra Barat.

Setidaknya, nama mantan Ketua DPRD Kota Sawahlunto yang juga mantan Walikota Solok dan Bupati Solok ini, dinilai layak disandingkan dengan sejumlah tokoh untuk memimpin Sumatra Barat. Penilaian banyak pihak terhadap sosok Syamsu Rahim ini jelas bukan tanpa alasan yang sulit diterima akal sehat.

Di mata H Armen Plani, politisi Partai Nasdem, sosok Syamsu Rahim merupakan sosok yang memiliki pengalaman dalam memimpin daerah. Kalau menilik perjalanan karir politik Syamsu Rahim selama beberapa dekade belakangan ini menurutnya, Syamsu Rahim cukup ideal dan layak untuk maju di pentas pemilihan gubernur mendatang.

Apalagi lanjutnya, kalau memposisikan wilayah Sumatra Barat dalam dua bagian wilayah pemilihan dalam konteks keterwakilan masyarakat pemilih yakni wilayah pemilihan Sumbar 1 dan wilayah pemilihan Sumbar 2. Kemunculan sosok Syamsu Rahim dari wilayah pemilihan Sumbar 1 cukup strategis. Alasannya, dari sejumlah nama bakal calon gubernur yang mengapung sejauh ini sosok yang dikenal berada diwilayah pemilihan Sumbar 2.

“Dalam kondisi ini, nilai jual dan nilai tawar Syamsu Rahim akan menjadi perhitungan banyak pihak sebagai perimbangan kekuatan dukungan masyarakat. Dan saya melihat Syamsu Rahim memiliki peluang besar untuk maju,” jelasnya dengan sedikit analisa.

Pendapat lain terhadap sosok Syamsu Rahim juga dilontarkan M. Hidayat selaku politisi yang duduk dilembaga legislatif di Kabupaten Solok. Menurutnya dalam pemikiran Syamsu Rahim suatu keberhasilan tidak hanya tergantung pada kecerdasan dan intelektual seseorang saja. Namun keberhasilan yang hendak diraih juga sangat dipengaruhi oleh kecerdasan emosional dan pengetahuan spiritual.

Ungkapan yang menginspirasi setiap individu untuk terus berbuat dan berguna bagi orang banyak, itu telah ditunjukan Syamsu Rahim ketika menjadi Walikota Solok dan Bupati Solok. Berbagai pemikiran yang dilahirkannya berawal dari kondisi masyarakat serta persoalan yang dihadapi oleh masyarakat itu sendiri.

Setiap kali turun menemui masyarakat, Syamsu Rahim selalu membuka dialog dengan semua element yang ada ditengah-tengah masyarakat dengan harapan dapat terungkap akar persoalan yang dihadapi oleh masyarakat itu sendiri.

“Terkadang persoalan yang ditemui ditengah-tengah masyarakat cendrung persoalan lama yang ternyata tidak kunjung tuntas meski berbagai program yang dilahirkan oleh pemerintah beragam.” Ujarnya.

Dan Syamsu Rahim pernah pernah mengungkapkan, bahwa apa yang diperbuatnya memang dianggap tidak popular. Namun kebijakan dan pemikiran yang dilahirkannya tidak lepas dari pemikiran untuk menyelesaikan persoalan sesuai dengan akar persoalan itu sendiri. Meski dianggap tidak popular

Karena dinilai mampu menginspirasi banyak pihak, Syamsu Rahim muncul sebagai seorang tokoh yang terbilang sering tampil sebagai nara sumber diberbagai kegiatan diskusi dan kegiatan lain yang sifatnya memberikan pandangan bahkan secara nasional. Dengan berbagai pemikiran itu, Hidayat menilai sosok Syamsu Rahim akan lebih banyak mampu berbuat bagi masyarakat Sumatra Barat.

Syamsu Rahim ketika dihubungi terkait namanya ikut mengapung dalam pecaturan pemilihan gubernur mengatakan, secara pribadi bagi dirinya dunia politik tidak ada akhirnya. Sebab tambahnya politik akan bermuara kepada pengabdian kepada masyarakat. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional