Menu

Mantan Pemred Posmetro Padang Sukri Umar Bagala Dt Pado Basa

  Dibaca : 65 kali
Mantan Pemred Posmetro Padang Sukri Umar Bagala Dt Pado Basa
Sukri Umar Dt Pado Basa

PADANG, METRO–Jika tak ada aral me­lintang, Minggu (13/6) men­jadi puncak rangkaian aca­ra adat malewakan gala Dt Pado Basa, suku Jambak kenagari Lubuk Alung ke­pada Sukri Umar. Acara prosesi batagak  gala tet­sebut dilaksanakan di Ko­rong Ganting Nagari Lubuk Alung, tak jauh dari stadion utama Sumatera Barat.

Ketua KAN Lubuk A­lung Eri Dt Batuah men­jelaskan, secara kelem­bagaan malewakan gala Dt Pado Basa sudah dile­ga­lisasi melalui rekomendasi KAN serta pemberitahuan pengangkatan penghulu beserta perangkatnya pa­da pihak terkait, termasuk kepolisisan. Surat tersebut secara syah dikeluarkan sesuai tatanan di kera­patan, yakni melalui sidang dengan perangkat yang akan dilewakan. KAN telah mengeluarkan surat No 018 tahun 2021.

“Atas nama ketapatan adat kami mengucapkan selamat memangku ama­nah sebagai penghulu dan akan dilewakan di labuah nan rami. Kami niniak ma­mak berharap agar dengan dilewakan gala, kok putiak ka manjadi buah agar Sukri Umar Dt Pado Basa me­nambah kebaikan bagi ni­niak mamak yang ada saat ini,” ulasnya.

Pucuak Adat Suku Jam­bak, Hari Subrata Dt Rang­kayo Basa menyebutkan, gelar Dt Pado Basa dia­manahkan oleh kaum karih sabilah payuang sakaki Dt Pado Basa, kepada Sukri Umar karena datuk sebe­lumnya Suharman Dt Pado Basa meninggal empat tahun lalu.

“Almarhum pernah men­jabat Ketua KAN, meninggal Januari 2017. Namun kese­pakatan kaum, gala tet­sebut sempat diparam­bunkan, dan kini Alham­dulillah akan segera dile­wakan di labuah nan rami. Se­belumnya, sesuai warih nan bajawek dilaksanakan pa­du pusako atau sumbek la­bu sebagai keabsahan se­cara kaum dan niniak ma­mak dalam suku plus singok bagisie akhir 2020 lalu,” ujar Dt Rangkayo Basa.

Sebagai jurnalis yang sudah puluhan tahun me­ngabdi di Padang Ekspres, Sukri yang juga wakil sek­retaris PWI Sumbar sudah melalui sejumlah jabatan strategis sebagai pimpinan media Padang Ekspres G­rup. Baik redaksi maupun usaha. Pernah menjabat Pemred Padang Ekspres dan Posmetro Padang, men­jabat GM Posmetro dan Wakil GM Padang Ekspres serta lima tahun dia­ma­nah­kan sebagai direktur.

“Banyak bajalan ba­nyak diliek, lamo iduik ba­nyak diraso. Mudah mu­dahan banyak atau sedikit pengalaman yang ada bisa bermanfaat dalam me­ngemban amanah kaum. Apalagi daam kondisi se­karang, perlu penguatan penguatan elemen yang ada: baik niniak mamak, alim ulama, cadiak pandai untuk berkolaborasi dan bahu membahu dengan pengambil kebijakan. Pe­ran ninik mamak itu masih sangat strategis di Minang, tinggal bagaimana meme­rankannya dengan baik,” ujar anggota Dewan Pen­didikan Sumbar ini.

Menurut Sukri, saat ini Lubuk Alung secara kena­garaian menjadi wilayah strategis daam pem­ba­ngunan Padangpariaman bahkan Sumatera Barat. Selain adanya stadion uta­ma, akses jalan lingkar dan tol serta perencanaan ka­wasan food estate, wilayah bagian timurnya sangat potensial untuk wisata a­lam dan budaya. Kekom­pakan dan peran niniak mamak sangatkah penting, tak terlepas dari anak di­pangku kamanakan dibim­biang, tenggang nagari ndak dilupokan, tenggang sarato jo adaiknyo.

“Inti dari tugas niniak mamak tersebut, menga­mankan keluarga, mem­bimbing sanak kamanakan dan memberikan peran dalam masyarakat dalam balutab adat basandi sya­rak, syarak basandi kita­bullah. Selebihnya adalah penjabaran dan pernak perniknnya,” ulas Sukri.

“Untuak acara puncak batagak gala, kami mem­beri kesempatan pada te­man yang punya biro per­jalanan di Pekanbaru yang ingin membawa rombo­ngan wisatawan ikut me­nyaksikan acara adat ba­tagak gala, termasuk ma­kan bajamba dan rang­kaian acaranya. Ini ke­sempatan bagi kita untuk mempromosikan budaya untuk tujuan wisata,” ujar Ketua LPM Lubuk Alung ini.

Terkait persiapan acara menurutnya, kepanitiaan sudah hampir meram­pung­kan termasuk menyebar undangan. “Mangawuik ndak sakali kameh, pa­ngana ndak sakali tum­buah. Kami mohon maaf kalau ada dunsanak dan sahabat yang belum sam­pai atau belum disam­pai­kan undangan. Mohon ki­ranya melalui ini kami ulas, dengan kerendahan hati untuk menghadiri dan mem­beri doa atas batagak gala kami,” ulasnya.

Sejumlah rekan se­ja­wat pemegang kartu war­tawan utama ini mem­be­rikan uca­pan selamat dan sekaligus memberikan doa agar Sukri Umar bisa men­jalankan amanah dengan baik. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional