Menu

Mantan Manajer KJKS Pengambiran Ampalu Nan XX Divonis Bebas

  Dibaca : 161 kali
Mantan Manajer KJKS Pengambiran Ampalu Nan XX Divonis Bebas
BEBAS-Mantan manajer KJKS Pegambiran Ampalu Nan XX Dona Sari Dewi tampak tersenyum usai diputuskan bebas oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Kelas IA Padang, Kamis (19/8).

PADANG, METRO–Mantan pengelola Ko­perasi Jasa Keuangan Sya­riah (KJKS) Baitul Maal Wat Tamwil (BMT), Kawasan Pengambiran Ampalu Nan XX, Kota Padang, Dona Sari Dewi (38), divonis be­bas oleh majelis hakim Tindak Pidana Korupsi (Ti­pikor) pada Pengadilan Negeri Kelas IA Padang.

“Membebaskan ter­dak­wa dari segala tuntutan, memulihkan nama baik terdakwa dan juga hak-haknya, membebankan bi­aya perkara kepada ne­gara,”kata hakim ketua sidang Rinaldi Triandoko, dengan didampingi hakim anggota Elisya Florence dan Hendri Joni,saat mem­bacakan amar putusannya, Kamis (19/8).

Majelis hakim ber­pen­dapat bahwa perbuataan terdakwa, tidak terbukti melakukan tindak pidana sehingganya haruslah di­be­baskan.

“Bahwa perbuataan ter­dakwa tidak terbukti, sebagaimana dalam dak­waan primer, subsider, lebih subsider. Tak hanya itu, perbuatan memalsukan pun juga tidak ter­buk­ti,”te­gas majelis hakim.

Majelis hakim menilai bahwa, penyaluran dana modal telah sesuai, bahkan KJKS tersebut telah men­dapat penghargaan dari dinas terkait.

Majelis hakim pun juga berpendapat, dana yang dikelola KJKS hingga kini masih bergulir.

Menanggapi putusan tersebut, JPU pada Kejak­saan Negeri (Kejari) Pa­dang, Therry Gutama, An­dre Pratama Aldrin, me­ngaku pikir-pikir.

Sementara itu, PH ter­­dakwa, Azimar Nursu’ Ud didampingi Daniel Jusari, mengaku bangga dengan putusan ter­se­but.

“Hakim sudah sesuai dengan aturan yang ber­laku, dan dari awal kami sudah menduganya. Se­men­tara uang yang ber­gulir sebesar Rp900 juta masih berder,”ujar penga­cara senior itu.

Sebelumnya, terdakwa dituntut oleh JPU selama lima tahun penjara, denda Rp200 juta dan subsider enam bulan penjara.Dalam dakwaan JPU disebutkan, pada tahun 2010 terdapat dana Kridit Mikro Kecil (KMK) untuk KJKS BMT sebesar Rp300 juta. Di­mana dana tersebut ber­sumber dari dana hibah bersyarat, pemerintah Ko­ta Padang ke pemerintah kelurahan dan diterima serta masuk ke BRI, atas nama KJKS BMT Pengam­biran Ampalu Nan XX Kota Padang. (hen)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional