Close

Manfaatkan siMAYA, Agam Raih e-Government Award

TERIMA PIAGAM— Bupati Agam Indra Catri menerima piagam e-Government Award dari Kementerian Kominfo RI. (peri rahman/posmetro)

AGAM, METRO  -Penerapan aplikasi siMAYA pada Pemerintahan Kabupaten Agam mendapatkan apresiasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Keberhasilan pelaksanaan aplikasi ini diganjar dengan e-Government Award dari Kementerian Kominfo RI yang diserahkan langsung oleh Menteri Kominfo RI Johnny G Plate kepada Bupati Agam Dr. H. Indra Catri dari Johnny G p pada hari Senin (4/11) di Balai Sudirman Jakarta Selatan.

Pemanfaatan aplikasi siMAYA di lingkungan Pemkab Agam bertujuan untuk mempercepat proses administrasi perkantoran dan surat-menyurat di dalam lingkungan Pemkab Agam. Kelebihan lainnya adalah, dengan menggunakan aplikasi ini, maka setiap dokumen tertulis yang membutuhkan tindak lanjut dapat dilacak secara real time.

Penghargaan e-Government Award bagi pemerintah daerah terdiri dari 4 kategori yaitu, pengguna aplikasi siMAYA, pengguna mail.co.id, pengguna domain id, dan pengguna siCANTIK cloud.

Kepala Bagian Humas Setda Agam Tommy TRD mengatakan, ajang E-Government Award ini diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo RI dalam rangka memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah yang telah memanfaatkan aplikasi pemerintahan.

“Secara keseluruhan hanya ada 3 pemerintah daerah se-Indonesia yang menerima e-Government Award kategori pemanfaatan aplikasi siMAYA. Yaitu Pemkab Agam, Pemkab Trenggalek dan Pemprov Banten,” jelas Tommy.

Sementara itu Indra Catri sesaat sebelum menerima penghargaan mengatakan, penerapan e-government bukan hanya soal perkembangan teknologi. Namun khusus bagi Kabupaten Agam, e-government adalah kebutuhan yang tidak bisa dihindari.

Sebagai catatan, Agam adalah salah satu kabupaten pertama yang menerapkan sistem e-government di Sumatera Barat. Hal ini didasari karena wilayah Agam yang sangat luas, sementara pelayanan harus diupayakan merata.

“Bagi kami di Agam, e-government adalah kebutuhan. Mungkin masih ada beberapa aplikasi yang belum dimanfaatkan maksimal, tapi Pemkab Agam selalu membuka ruang untuk perbaikan dan peningkatan,” tegasnya.(pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top