Close

Manfaatkan FABA untuk Pupuk, Produksi Pertanian Meningkat 15 Persen

Saat ini PLN telah bekerja sama dengan BUMDES Karya Muda Mandiri di Sumatera Barat terkait pemanfaatan FABA untuk pembuatan pupuk.

Sawahlunto, 22 Oktober 2022- PT PLN (Persero) membantu petani di sekitar Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Ombilin meningkatkan produktivitas lahan pertanian seperti padi dan jagung serta bawang merah, melalui pemanfaatan pupuk yang berasal dari abu sisa pembakaran batu bara atau Fly Ash dan Bottom Ash (FABA).

PLN pun bekerja sama dengan Badan Litbang Kementerian Pertanian Provinsi Sumatera Barat dengan  menganalisa pemanfaatan FABA PLTU Ombilin untuk meningkatkan produktivitas lahan pertanian seperti padi dan jagung serta bawang merah.

Peneliti Ahli Madya Bidang Ilmu Tanah, Badan Litbang Kementerian Pertanian Ismon Lenin mengatakan, melalui kajian pemanfaatan abu sisa pembakaran batubara PLTU Ombilin, pemberian 5 ton FABA  per hektare dapat meningkatkan produktivitas tanaman jagung sebesar 15,15 persen dan pada padi sawah sebesar 15,16 persen.

“Kami menggunakan beberapa parameter takaran FABA PLTU Ombilin mulai dari 0 hingga 6 ton per hektare lahan. Hasil terbaik adalah pada pemberian 5 ton FABA yang memberikan peningkatan hasil  persen sedangkan tanaman jagung sebesar 15,15 persen,” ungkapnya.

Ismon menjelaskan, dari penelitian yang telah dilakukan pemberian FABA dapat meningkatkan serapan unsur hara N, P, K Ca dan Mg pada tanaman padi sawah, jagung dan bawang merah.

General Manager PLN Unit Induk Pembangkitan Sumatera Bagian Selatan (UIKSBS) Djoko Mulyono menjelaskan, untuk dapat meningkatkan pemanfaatan pupuk FABA, PLN saat ini sedang melakukan proses ijin edar dari Kementerian Pertanian.

“Manfaat FABA untuk pertanian sudah terbukti sangat baik, berdasarkan hasil yang telah dianalisa oleh Badan Litbang Kementerian Pertanian Sumatera Barat menunjukan hasil yang positif. Semoga dalam waktu dekat perijinan dapat segera terbit sehingga, kami bisa meningkatkan pemanfaatan FABA untuk mendukung ketahanan pangan,” jelasnya.

Saat ini PLN telah bekerja sama dengan BUMDES Karya Muda Mandiri di Sumatera Barat terkait pemanfaatan FABA untuk pembuatan pupuk. PLN telah memanfaatkan 10 ton FABA PLTU Ombilin untuk pembuatan pupuk  dengan komposisi FABA yang digunakan sebanyak 30 persen yang digunakan oleh petani sekitar PLTU Ombilin.

Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top