Close

Manfaat Lumbung Pangan saat Pandemi

GUNTING PITA—Isteri Bupati disaksikan Bupati, gunting pita resmikan lumbung pangan.

TANAHDATAR, METRO–Di tengah keterbatasan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), pelaksanaan fisik seperti gudang lumbung pangan dan sarana pendukungnya Gabungan Kelompok Pertanian (Gapoktan) Tuan Khadi Nagari Padang Ganting sangat dirasakan sekali manfaatnya.

“Saya tidak ingin terjadi gudang lumbung pangan ini tidak termanfaatkan secara maksimal, sehingga menjadi gedung kuno, sarang laba-laba  ataupun sarang burung,” kata Bupati Eka Putra saat meres­mikan Lumbung Pangan Ma­sya­rakat (LPM) di Nagari Pa­dang Ganting, Rabu (24/11).

Karena itu, tambah Eka, diharapkan Gapoktan ataupun masyarakat untuk memaksimalkan pemanfaatan gedung yang dibangun dengan dana yang cukup besar.

“Alhamdulillah, berkat Dana Alo­kasi Khusus/DAK dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Ta­nah Datar dari Kementerian Perta­nian diperoleh anggaran Rp500 juta. Pergunakan sarana ini de­ngan adil dan kompak, jangan sam­pai ada perselisihan,” kata Eka.

Disebutkan Bupati, LPM merupakan kegiatan pe­ngem­bangan cadangan pangan ma­sya­rakat dalam rang­ka pemberdayaan dan perlindungan masya­rakat dari kerawanan.

“Untuk siasati kerawa­nan pangan masyarakat dilakukan pembangunan fisik lumbung, pengisian cadangan pangan dan penguatan kelembagaan kelompok dengan tujuan peningkatan kesejahteraan petani,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Hilmi menyampaikan, pembangunan LPM dan sarana pendukung sebesar Rp500 juta dilaksanakan secara swakelola oleh Gapoktan Tuan Khadi.  “Pem­bangunan fisik lumbung pangan ini berkapasitas 60 ton dengan sarana pendukung Rice Milling Unit dan lantai jemur,” katanya. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top